Pariwara
Buton Tengah

DKP Buteng Tarik Empat Kapal Bantuan

Muh. Rijal

KENDARIPOS.CO.ID — Empat unit kapal bantuan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) ditarik kembali pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Buton Tengah (Buteng). Pasalnya, kapal-kapal tersebut dinilai tak dimanfaatkan sesuai harapan. Makanya, instansi teknis itu mengambil langkah tegas penarikan, agar bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik. Kepala DKP Buteng, Muh. Rijal, mengatakan, pihaknya sudah menandatangani berita acara penarikan empat unit bantuan kapal 3 gross ton (GT) pengadaan tahun 2016 lalu. Kapal tersebut ditarik dari Desa Wambuloli, Inulu dan dua desa lainnya dari masyarakat di sekitar Teluk Lasongko dan Kecamatan Mawasangka. Berdasarkan hasil survei lapangan, kapal-kapal tersebut tak dimanfaatkan dengan baik.

“Tiga unit kapal diantaranya kami serahkan pada kelompok lainnya. Penerimanya juga merupakan kelompok dari desa yang sama. Sementara satu unit lainnya, penerima sebelumnya meminta untuk diganti dengan kapal berkapasitas lebih kecil. Rencananya satu unit kapal ini kami serahkan di Kecamatan Gu dan penerima sebelumnya akan berikan kapal 1 GT,” ungkap Rijal. Ia menambahkan, langkah tegas itu dilakukan agar semua semua kapal bantuan pemerintah pusat bisa dimanfaatkan dengan baik. Utamanya dalam meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

DKP akan terus melakukan pengawasan terhadap pemanfaatan kapal bantuan yang sudah diserahkan. “Pengawasan kami lakukan melalui penyuluh atau laporan masyarakat setempat. Kapan kapal bantuan berlabuh hingga sepekan maka kami akan segera melakukan survei di lapangan. Kami akan melihat alasan kapal tersebut tetap di tempat. Karena tidak tertutup kemungkinan akan mengalami kerusakan. Kami berharap tidak ada bantuan yang tak dimanfaatkan,” jelasnya.

Mantan camat tersebut mengungkapkan, pihaknya sementara mendeteksi dua kapal bantuan yang ada di Kecamatan Gu. Kapal itu merupakan bantuan tahun 2016 sebanyak dua unit yang sementara penyelidikan karena dianggap tak dimanfaatkan. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top