Pariwara
Kolaka

Dishub Kolaka Ditantang Tindak Sopir Truk Bandel

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
SOPIR BANDEL : Kondisi jalan provinsi di Desa Pesouha, Kecamatan Pomalaa yang dicemari lumpur. Itu karena aktivitas sopir truk pengangkut material tanah di daerah tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas truk pengangkut material tanah dan tambang di Desa Pesouha, Kecamatan Pomalaa, terus berlangsung dan sudah sangat mengganggu masyarakat. Pasalnya, truk yang mengangkut material tersebut melintasi jalan provinsi sehingga menyebabkan akses umum itu menjadi berlumpur. Akibatnya, jalan menjadi licin dan membahayakan pengguna lainnya. Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Rusman, mendesak instansi terkait segera bertindak. Sebab, kata dia dikhawatirkan aktivitas truk pengangkut material tersebut akan menyebabkan kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa.

“Meskipun tidak memiliki kewenangan untuk menindak atau memberikan sanski, tapi Dinas Perhubungan Kabupaten Kolaka harus segera bersikap dengan cara memberikan peringatan pada sopir truk agar ia tidak mengabaikan hak pengguna jalan lainnya. Jadi Dishub harus segera turun tangan mengatasi persoalan ini,” tantangnya, rabu (4/7). Legislator Partai Demokrat itu juga menyesalkan sikap perusahaan pemilik truk pengangkut material yang mengabaikan hak publik.

Rusman menegaskan, pemilik perusahaan truk agar menaati peraturan saat beroperasi di jalan umum. “Jangan hanya mengejar profit. Tapi taatilah peraturan dan jangan mengabaikan hak-hak pengguna jalan dalam mengangkut material. Apalagi di musim hujan seperti ini. Kalau ada kecelakaan, maka perusahaan itu harus bertanggungjawab,” tegasnya. Rusman juga menyesalkan sikap pemerintah provinsi (Pemprov) yang tak tegas menindak sopir truk material yang bandel. “Kewenangan untuk menindak itu ada di tangan Dinas Perhubungan Provinsi. Jadi kami minta mereka segera menindak. Kalau tidak bisa turun langsung di lapangan, sebaiknya Dishub Provinsi melimpahkan kewenangannya ke kabupaten. Agar truk pengangkut material itu dapat segera diberi sanksi,” tandasnya. (c/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top