Space Iklan
Pariwara
HEADLINE NEWS

13 Desa di Konawe Dikepung Banjir

KENDARIPOS.CO.ID — Intensitas hujan yang tinggi dan terus mengguyur Konawe, membuat aliran sungai Konaweha meluap. Akibatnya, rumah warga hingga areal persawahan terendam banjir. Ada 176 hektare sawah warga terancam mengalami gagal panen. Pj Bupati Konawe, Tasman Taewa mengeluarkan pernyataan siaga darurat penanggulangan bencana banjir.

Plt Kepala BPBD Konawe, H. Dedet Ilnari Yusta, menyebutkan, ada 13 desa dari enam kecamatan yang telah terendam banjir, yakni di Anggaberi, Lambuya, Pondidaha, Anggotoa, Puriala, dan Wawotobi. “Sejauh ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil sebanyak 54 rumah terendam banjir, satu jembatan rusak berat, akses jalan desa terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan akibat terendam banjir, sekolah, Pustu, Puskesmas, rumah ibadah tidak berfungsi sebagaimana mestinya,” terang Dedet Ilnari Yusta, rabu (4/7).

Ia menjelaskan, kondisi ketinggian air di Bendung Wawotobi saat ini dalam kondisi siaga. “Pemkab dalam hal ini Bupati Konawe telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui BPBD dan lembaga terkait seperti TNI, Polri, Bulog, PMI dan Basarnas,” ungkapnya. Selain itu, BPBD bersama Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan telah melakukan pemantauan di lokasi kejadian, sekaligus berupaya memberikan bantuan pada warga yang terdampak. “Kami bersama Pak Bupati, serta jajaran terkait telah mensuplai kebutuhan dasar seperti Sembako bagi warga yang terendam banjir. Lalu, pemantauan serta mengevakuasi sebagian warga ke tempat aman,” jelasnya.

Untuk menghindari korban jiwa, pihaknya juga telah memberikan imbauan pada masyarakat, khususnya yang tinggal di bantaran Sungai Konaweeha agar tetap waspada terhadap ancaman banjir. “Kendala di lapangan saat ini, transportasi jalan menuju lokasi banjir harus menggunakan rakit dan perahu karet, kemudian para pengungsi juga membutuhkan selimut, tikar dan tenda terpal,” pungkasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top