Pariwara
Muna

Wujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang dan Keluarga Berkualitas di Muna

DPPKB MUNA FOR KENDARI POS
KELUARGA BERKUALITAS : Peran DPPKB Muna dimaksimalkan dalam menekan pertumbuhan penduduk. Prioritasnya, mengurangi tingginya angka kelahiran, kematian ibu dan balita. Juga meningkatkan partisipasi keluarga menjadi akseptor KB.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) adalah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Muna yang terbentuk sesuai Peraturan Daerah nomor 6 tahun 2016. Tugasnya yakni membantu bupati dalam menyelenggarakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan teknis daerah di bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ketahahan dan Kesejahteraan Keluarga. Visinya, mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas.

Kepala DPPKB Kabupaten Muna, Drs. Muh. Safei, M.Si, mengatakan pertumbuhan penduduk di otorita Bupati, LM Rusman Emba-Malik Ditu ini sangat pesat. Olehnya itu, lembaganya punya peranan penting untuk menekan pertumbuhan tersebut. Kata dia, permasalahan utama yang disepakati untuk dijadikan prioritas penanganan selama lima tahun mendatang, yaitu tingginya angka kelahiran selaras dengan besarnya angka kematian ibu dan balita pasca melahirkan.

“Jadi strategi kita yakni membentuk Kampung KB di tiap–tiap kecamatan. Menekan angka kelahiran akibat belum optimalnya pelayanan KB khususnya keluarga miskin, masyarakat di daerah terpencil dan daerah perbatasan akibat terbatasnya kemampuan masyarakat dan pemerintah daerah baik prasaranan pelayanan serta petugas medis dan penyuluh KB,” jelasnya.

Selain itu, meningkatkan kualitas kesertaan ber-KB metode kontrasepsi jangka panjang masih rendah. Meningkatkan partisipasi pria dalam ber-KB, menekan jumlah drop out (DO) kesertaan dan meningkatkan kemandirian ber-KB. “Kita usahakan semua KK ikut KB dan terus diberikan edukasi,” sambungnya. Dengan begitu, pencapain program menuju implementasi visi dan misi lembaga bisa diwujudkan. Pihaknya juga memuji dukungan penuh Bupati Muna LM, Rusman Emba dan pasangannya Malik Ditu. “Pemkab Muna sangat serius dalam urusan penduduk ini, kualitas keluarga menjadi bahan evaluasi ditiap rapat-rapat daerah,” katanya. (ely/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top