Pariwara
HEADLINE NEWS

SMMPTN UHO Dibuka Pekan Depan, Yang Lolos SBMPTN, Wajib Registrasi Ulang

MASIH ADA SMMPTN: Rektor UHO, Prof Muh Zamrun F (kiri) didampingi Kepala Biro Administrasi Umum UHO, LM. Rafiuddin, M.Si memberikan penjelasan tentang proses perekrutan mahasiswa baru (maba) di UHO. Rencananya, pekan depan akan buka pendaftaran SMMPTN. Foto: Emilia Ningsih/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN) telah diumumkan, selasa (3/7). Hasilnya, dari 13.715 yang memilih UHO sebagai tempat lanjut studi, hanya 3.805 orang yang dinyatakan lulus. Namun demikian, bagi yang masih berminat melanjutkan ke universitas negeri terbesar di Sultra ini, tidak perlu galau, sebab masih ada kesempatan.

Rektor UHO, Prof. Muh Zamrun menegaskan, pihaknya masih akan membuka pendaftaran jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN), pekan depan. Kuota yang akan diterima juga tak kalah banyak, yakni 30 persen dari 8.620 jatah maba UHO keseluruhan.

“Pekan depan sudah buka pendaftarannya (jalur SMMPTN). Jadi, bagi yang ingin kuliah di UHO, masih terbuka lebar dan tentunya harus ikut seleksi lagi,” kata Prof Zamrun, selasa (3/7).

Wakil Rektor UHO Bidang Akademik, Prof La Hamimu menambahkan, pendaftaran SMMPTN disiapkan tim IT UHO yang bisa diakses di website UHO. Sehingga, bagi peminat bisa mengakses website UHO nantinya. Ia menyarankan, agar para pelamar bisa memilih jurusan yang sedikit peminatnya, sehingga bisa langsung terpilih tentu dengan berdasarkan skor nilai nantinya. “Jatah SMMPTN UHO sebanyak 30 persen dari kuota keseluruhan 8.620 orang,” jelasnya.

Beberapa fakultas yang membuka pendaftaran lewat jalur SMMPTN adalah Fakultas Ilmu Budaya (Sastra Prancis, Sastra Lisan). Di Fakutas Pertanian ada Ilmu Tanah, Proteksi Tanaman dan lainnya. Kemudian, ada FPIK, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan dan fakultas lainnya. “Nanti akan kami sampaikan saat pendaftaran nanti,” katanya.

Sementara itu, peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN, pihaknya imbau agar segera melakukan registrali ulang melalui website UHO dan mengisi segala dokumen yang dibutuhkan. Misalnya, slip gaji orang tua atau pendapatan orang tua, KK, KTP-el, BPJS jika ada dan lainnya. “Registrasi ulang ini dimulai 4-7 Juli 2018. Ini wajib, kalau lewat dari jadwal itu maka dinyatakan gugur atau mengundurkan diri,” ingatnya.

Kemudian, berkas yang diunggah tersebut haruslah diisi dengan baik-baik. Semua dokument dan lain sebagainya. Pasalnya, nantinya pada 9 Juli 2018 ada pemeriksaan kepada kebenaran dokument tersebut di BAK UHO. “Itu juga akan menentukan berapa UKT mahasiswa itu. Karena kita tentukan setelah semua registrasi ulang itu,” ungkapnya.

Setelah itu, akan ada tes kesehatan yang harus diikuti oleh calon mahasiswa yang dinyatakan lolos tersebut. Di sini juga akan ketat, karena kalau ditemukan sedang dalam kondisi tidak sehat maka berpotensi dicoret. Dari 3.805 peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN, lanjut dia, ada kuota untuk calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi.

Sebagai tambahan, dari jumlah itu ada 1.700 pendaftar bidikmisi. Nantinya, calon penerima tersebut akan diseleksi. Kepala Asrama Bidikmisi UHO, Pendais Haq mengatakan, kuota bidikmisi UHO sebanyak 829 orang. Jumlah tersebut dibagi dalam tiga jalur, yakni jalur SNMPTN 40 persen, SBMTPN 30 persen dan SMMPTN 30 persen. “Kuota kita tahun ini 829 orang. Semoga ada tambahan lagi. Calon penerima akan di verifikasi dan mengikuti wawancara,” imbuhnya. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top