Pariwara
Olahraga

Rupiah Merosot, Begini Pandangan Wapres

Waores Djusuf Kalla

KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengomentari soal nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI), Rabu (3/7), rupiah berada di level Rp 14.418 per USD. Rupah merosot 87 poin dari sehari sebelumnya yang berada di level Rp 14.331 per dolar AS.

Menurut JK, mengatasi pelemahan rupiah juga harus dibarengi dengan upaya meningkatkan ekspor. ”Tidak bisa diatasi hanya peningakatan (suku, Red) bunga, tetapi bagaimana produktivitas yang menghasilkan dolar itu diperbanyak,” ujar JK di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (3/7).

Dia menambahkan, pelemahan rupiah memang bisa dilihat dari dua sisi yang berbeda. Rupiah melemah memang berdampak kurang baik untuk sektor impor.

Di sisi lain, ekspor tentu akan lebih menguntungkan karena barang dari Indonesia dijual ke luar negeri.

”Di daerah-daerah penghasilan barang ekspor kayak di daerah sawit, batu bara, udang, kopi, cokelat, itu semua menikmatinya,” tambah politikus berlatar belakang pengusaha tersebut.

Sementara itu, di perkotaan dampaknya memang harga-harga barang bisa menjadi naik. ”Jadi, rupiah yang melemah itu jangan lihat jeleknya saja,” tambah JK.

JK melanjutkan, yang terpenting adalah nilai tukar tidak terlalu fluktuatif. ”Yang penting bukan hanya 14 (ribu, Red), tetapi stabilitasnya di mana yang seimbang,” ujar JK. (ken/jun/c25/sof)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top