Pariwara
Muna

Mai Te Wuna, Gagasan Cerdas Memajukan Daerah Muna

LM Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Mai Te Wuna merupakan salah satu gagasan cerdas yang dilahirkan Bupati Muna, Rusman Emba. Program ini sesungguhnya bukan hanya soal pariwisata, tapi lebih kepada spirit membangun Muna mengedepankan kerja sama dengan semua pihak baik masyarakat pemerintah dan swasta.

Mantan anggota DPD RI tersebut membuka kran investasi seluas-luasnya kepada seluruh pihak. Ia menegaskan, upaya memajukan Muna menjadi sejajar dengan daerah lain harus dikerjakan secara berjamaah. “Membangun Muna harus melibatkan semua elemen, baik masyarakat maupun swasta,” ujar Rusdam Emba.

Pulau Muna memang menyimpan banyak potensi wisata yang menjadi andalan daerah. Rusman sangat jeli melihat peluang tersebut. Tidak heran, pariwisata kini menjadi program unggulan di era kepemimpinannya.

“Program ini sulit berhasil tanpa promosi. Makanya, semua pihak harus bersinergi,” jelasnya. Lebih jauh, Rusman memaparkan, tagline Mai Te Wuna bukan saja soal pariwisata, melainkan menjadi spirit pembangunan di Muna. “Kami mengajak investor maupun pemerintah pusat untuk turut membangun Muna. Makanya, lahir ide ajakan Mai Te Wuna,” katanya.

Supaya lebih maksimal, pasangan Malik Ditu ini berkomitmen memajukan sektor pariwisata dengan mempercepat pembangunan infrastruktur pendukungnya. Salah satunya sektor transportasi.

“Transportasi udara sebagai pendukung utama sudah ada. Wisatawan bisa menggunakan jalur bandara Sugimanuru untuk menuju Muna. Termasuk jalur transportasi darat dan laut juga dibenahi. Tak kalah penting, sejumlah infrastruktur jalan menuju pusat obyek wisata juga dibenahi,” jelasnya.

Lebih jauh Rusman menjelaskan, potensi alam Muna akan terus digarap dan dipromosikan sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam rangka mengembangkan daerah. Mantan Ketua DPRD Sultra ini menyebutkan sejumlah ikon wisata di Muna, diantaranya Pantai Pasir Putih di Pulau Towea, Danau Napabale di Lohia, Pantai Meleura di Lohia, Goa Peninggalan Prasejarah dan Benteng Loji di Liangkabori. “Itu wisata unggulan yang sedang kami promosikan terus hingga mancanegara,” imbuhnya. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top