Pariwara
Politik

Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Kendari Sepi Peminat

Ilustrasi Bawaslu

KENDARIPOS.CO.ID — Masa tugas anggota Badan Pengawas Pemilu (dulu, Panwaslu) kabupaten/kota se-Sultra hanya sampai pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018. Untuk mengawal tahapan Pemilu 2018, Bawaslu Sultra akan merekrut penyelenggara baru. Namun dua hari jelang penutupan, jumlah pendaftar masih minim. Hingga kini, baru delapan calon yang memasukan berkas. Tiga pendaftar untuk zona I yang meliputi wilayah kepulauan dan lima pendaftar zona II (wilayah daratan).

“Sudah ada 3 pendaftar untuk zona I. Kemungkinan, besok dan hari terakhirnya akan makin banyak,” kata Irfan Ido, Ketua Timsel Zona I calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Sultra, Senin (2/7).

Minimnya pendaftar kata dia, lebih disebabkan adanya momentum pelaksanaan Pilkada serentak. Makanya, banyak calon menunggu tahapan pelaksanaan pungut hitung ini berakhir. Apalagi sebagaian besar pendaftar adalah pengawas Pemilu lalu seperti Panwascam maupun panitia pemilihan kecamatan (PPK). Makanya, ia cukup yakin jumlah pendaftar akan memenuhi kuota. Yang mana, setiap daerah ditargetkan minimal 18 pendaftar.

“Jika tak mencukupi 18 calon setiap daerah, timsel akan memperpanjang masa pendaftaran tanggal 4-8 Juli 2018,” kata mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sultra.

Seluruh pendaftar lanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan berkas termasuk buat calon incumbent. Selanjutnya hasil pemeriksanaan adminsitrasi akan diumumkan. Calon yang berkas yang lolos berhak mengikuti tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan tahapan-tahapan lainnya.

Sementara itu, Ketua Timsel Zona II, Muhammad Abas mempersilahkan masyarakat untuk mengajukan berkas pendaftaran. Apalagi status keanggotaan anggota Bawaslu kabupaten/kota tidak lagi bersifat adhock yang masa kerjanya 11 hingga 12 bulan tetapi sudah menjadi badan bersifat tetap dengan masa kerja selama lima tahun, sebagaimana dijelaskan dalam UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.”Semenjak dibuka, pendaftar yang masuk baru 5 orang,” katanya senin (2/7).

Untuk menarik peminat, pihaknya terus melakukan sosialisasi. Untuk itulah, ia berharap partisipasi seluruh masyarakat untuk ikut bergabung pada lembaga yang mengawasi pesta demokrasi di daerah. Dirinya, menegaskan akan objektif dalam menilai tanpa adanya tendensi dari pihak manapun.

Seleksi tersebut akan memilih 3 komisioner Bawaslu kabupaten/kota. Mereka akan bekerja selama 5 tahun kedepannya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top