Pariwara
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Gagas Areal Perkebunan Berbasis Pariwisata

HUMAS PEMKAB KONSEL FOR KENDARI POS
EKOWISATA :
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (duduk, kedua dari kiri) saat berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dalam studi lapangan di area Perkebunan Ecovillage Pulau Bintan. Ia mengaku akan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk mengembangkan otoritanya dalam mendukung visi misi menuju “Desa Maju Konsel hebat”.

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memaksimalkan potensi di bidang perkebunan dan sebagai upaya memajukan sektor unggulan tersebut dengan berbasis pariwisata, Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Agendanya, dalam rangka studi lapangan di area Perkebunan Ecovillage Pulau Bintan, Minggu (1/7) lalu. Kedatangan rombongan Bupati disambut langsung Managemen perusahaan perkebunan Bintan Resort yang mengelola Ecovillage tersebut.

Dalam kegiatan studi lapangan tersebut, Bupati Konsel bersama Sekretaris Kabupaten (Sekab), H. Sjarif Sajang, Ketua DPRD, Irham Kalenggo, Kabaghumas Setkab, Hermawan, dan beberapa pimpinan OPD terkait, sempat melakukan penanaman bibit cengkih dan meninjau langsung perkebunan kelapa hibrida dan kebun durian sebagai produk unggulan Pulau Bintan.

Dalam paparan di sela-sela kunjungannya, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, menyampaikan, Pemkab akan mengembangkan perkebunan berbasis ekowisata seperti di Kepri. “Kita sudah rancang dalam satu konsep, yakni pengembangan integrated farming system (penggabungan seluruh komponen pertanian dalam suatu usaha pertanian terpadu), yang juga bertujuan menjaga alam agar tetap terjaga kelestariannya. Sekaligus dapat menguntungkan secara ekonomi yang dapat menyerap tenaga kerja. Apalagi wilayah kita didukung lahan yang masih luas dan subur. Itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan tidur masyarakat yang tak terurus,” gagas Konsel-1 tersebut, Senin (2/7).

Sebagai langkah konkret, pihaknya akan mengimplementasikan pengetahuan dari hasil kunjungan tersebut dengan mendirikan perkebunan kelapa di wilayah Tinanggea yang akan terbagi dalam tiga tahapan dengan total luas 34 hektare. “Rencana tahap pertama seluas 11 hektare, tahap kedua seluas tujuh hektare dan ketiga dederan kelapa seluas 16 hektare,” rinci Surunuddin. Pembukaan halan perkebunan kelapa itu, didukung dengan pembuatan embung dengan total luas 9,5 hektare.

HUMAS PEMKAB KONSEL FOR KENDARI POS
PERKEBUNAN TERINTEGRASI : Dalam studi lapangan, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga bersama Sekab, H. Sjarif Sajang, Ketua DPRD, Irham Kalenggo, Kabaghumas Setkab, Hermawan dan beberapa pimpinan OPD melakukan penanaman bibit cengkih dan meninjau langsung perkebunan kelapa hibrida dan kebun durian sebagai produk unggulan pada pulau itu yang dikembangkan di kawasan Bintan Resort tersebut.

“Itu juga terbagi dalam tiga tahapan dengan rincian tahap I seluas 3,5 hektare, kedua luas dua hektare dan tahap terakhir seluas empat hektare,” sambungnya. Surunuddin juga berharap, dengan berjalannya program yang mengedepankan tujuan ekonomi berbasis ramah lingkungan dan jangka panjang, juga bisa membuka peluang penyerapan tenaga kerja pada tingkat unskilled, skilled dan tenaga profesional, dan membuka peluang untuk petani lokal mengembangkan usaha pertanian dan hortikultura dengan opsi kemitraan dengan perusahaan.

“Juga mampu menciptakan peluang penyerapan komoditas hasil pertanian dengan tingkat harga yang wajar (menguntungkan secara ekonomis), serta membantu memasok kebutuhan nasional dari komoditi tanaman semusim maupun kebutuhan lainnya. Dengan demikian tentu berdampak pada meningkatnya perputaran ekonomi dan terbentuknya masyarakat adil dan sejahtera sejalan dengan visi misi kami mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat,” pungkas Surunuddin. (kam/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top