Pariwara
Edukasi

Mendikbud: Guru Itu Kurikulum Sejati

Ilustrasi proses belajar mengajar di kelas.

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan, kurikulum yang sesungguhnya adalah para guru. Guru harus bisa memberikan teladan kepada anak muridnya. “Pembelajaran itu juga jangan terlalu kaku pada ketetapan kurikulum,” ujar Menteri Muhadjir.

Dia mengharapkan para kepala sekolah mampu membantu guru-guru memahami perannya sebagai pendidik, bukan sekadar pengajar. Maka, pembelajaran yang diterapkan di sekolah haruslah fleksibel. Serta mampu memberikan ruang yang cukup untuk pengembangan.

Kemendikbud telah menggulirkan beragam kebijakan dalam rangka merestorasi pendidikan nasional melalui sistem persekolahan. Muhadjir juga mengajak para kepala sekolah menyelami dan merenungkan inti dari kebijakan yang ditempuh pemerintah selama dua tahun terakhir ini.

Dimulai dari revitalisasi komite sekolah. Kemudian pengaturan hari sekolah yang diperkuat instruksi presiden mengenai penguatan pendidikan karakter. Selanjutnya sistem zonasi, dan penyesuaian beban kerja guru, serta penguatan peran kepala sekolah. “Satu sama lainnya saling berkelindan,” tandasnya. (jpnn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top