Pariwara
Metro Kendari

Korban Banjir di Kendari Ditaksir Merugi Rp 2,5 Miliar

Dampak Banjir di Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah lebih sepekan, rumah warga di tujuh kecamatan dan 14 kelurahan terendam banjir, yang meluap dari Kali Wanggu. Kerugian materil yang dialami korban banjir tidak sedikit. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Suhardin menyebut taksiran kerugian materi mencapai Rp 2,5 miliar.

“Ini memang kerugian yang sangat besar, sekira ada 848 rumah yang terendam banjir, tetapi kerugian ini cenderung menurun dibanding banjir besar yang terjadi empat tahun lalu yakni di atas Rp 5 milliar,” ujar Suhardin, Senin (2/7).

Menurut Suhardin, hujan yang mengguyur Kota Kendari beberapa hari ini menyebabkan di Kecamatan Baruga yang mengalami banjir terparah. Data kerugian dihitung dari kondisi bangunan, pemukiman dan harta benda warga. “Kerugian fisik ini baru pendataan sementara BPBD. Saat ini masih dalam proses pendataan untuk menghitung jumlah kerugian. Selain kondisi bangunan rusak akibat banjir yang dihitung, lahan pertanian warga juga sedang didata,” ungkap Suhardin.

Untuk mempercepat proses penanganan dan pemulihan pascabencana, Pemkot menetapkan status tanggap darurat siaga bencana dengan pertimbangan melihat dari jumlah pengungsi. “Jumlah pengungsi bencana banjir saat ini mencapai 3.874 jiwa dari tujuh kecamatan dan mengungsi di posko-posko yang telah disediakan. Sementara di sekitar Kali Wanggu sebanyak 983 jiwa,” ujar tutup Suhardin. (p1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top