Pariwara
Politik

Dua Kursi Aleg Konut Dibiarkan Kosong

Busran Khalik, Ketua KPUD Konut

KENDARIPOS.CO.ID — Dua kursi anggota DPRD Konawe Utara (Konut) yang ditinggalkan Nurtan Jaya asal PDIP dan Najamuddin asal PBB masih dibiarkan kosong. Hingga kini, permintaan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe tak kunjung ditanggapi dua partai politik (Parpol). Padahal penyelenggara telah acap kali meminta berkas verifikasi calon pengganti antar waktu (PAW) segera diajukan.

“Kami sudah meminta. Namun yang kita surati di DPRD baru PAW-nya pak Najamuddin. Surat itu kami sampaikan pada Sabtu kemarin (2/7). Karena hari kerja DPRD sampai jumat, kemungkinan baru ditindaklanjuti,” ujar Busran Khalik, Ketua KPUD Konut, Senin (2/7).

Untuk berkas PAW Nurtan Jaya sambungnya, belum dimasukan. Pasalnya, ia belum menerima surat dari Parpol yang bersangkutan. Makanya, KPU berinisiatif meminta Parpol terlebih dahulu mengajukan calon PAW ke Sekretariat DPRD Konut untuk selanjutnya diteruskan pada KPUD untuk dilakukan verifikasi.

“Sebenarnya calon PAW maupun partai politik sudah mengetahui mekanismenya. Semua berkas harus diperbaharui ulang bagi calon PAW. Supaya kami juga tidak berulang-ulang menyurat. Yang sudah meninggal juga harus dibuatkan surat keterangan kematian. Supaya suratnya DPRD satu kali saja datang di KPUD,” tegas Busran Khalik.

Kelengkapan administrasi yang perlu diperbaharui calon PAW kata usran Khalik, berupa SKCK, surat keterangan dari pengadilan, bebas narkoba, kesehatan dan kelengkapan administrasi lainnya.

“Kenapa harus diperbaharui, ada tidak jaminan selama lima tahun tidak ada catatan kiriminalnya. Begitupun sebaliknya dengan persyaratan lainnya. Ini juga partai politik mereka hanya mendesak KPUD untuk memproses PAW lewat komunikasi. Tapi tidak dibarengi dengan berkasnya. Makanya kita minta kelengkapan administrasi sesuai dengan lembaga yang berwenang mengeluarkan,” ujarnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top