Pariwara
HEADLINE NEWS

Besok, HUT Muna ke-59 Digelar

Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Usia daerah Kabupaten Muna kini hampir enam dekade. Rabu, 4 Juli besok merupakan hari ulang tahun (HUT) ke-59 daerah yang terkenal dengan slogan Mai Te Wuna itu. Satu dari empat kabupaten penyokong terbentuknya Sulawesi Tenggara (Sultra) ini terus berbenah diri. Kendati pun, seluruh upaya yang dilakukan Pemkab Muna sepanjang era terbentuknya otonomi daerah belum menjawab ekspektasi masyarakat.

Komando pembangunan daerah yang berjuluk penghasil jati ini sekarang dimandatkan kepada LM. Rusman Emba dan Malik Ditu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muna. Sejak dilantik 2 September 2016 lalu, ikhtiar sang Bupati Muna ke-13 itu tidak dapat dipandang sebelah mata. Sejumlah terobosan penting diambil untuk memacu denyut ekonomi daerah supaya terus bergairah.

Pembangunan Muna kini on the track. Membawa visi membentuk Muna yang Maju, Kuat dan Mandiri, LM Rusman Emba terus menunjukkan kiprah pembangunan yang komprehensif. Dengan leading sektor pariwisata, Rusman mantap mengusung konsep “Mai Te Wuna”. “Program ini sesungguhnya bukan saja soal pariwisata. Ia lebih kepada suatu spirit membangun Muna dengan mengedepankan kerja sama dengan semua pihak baik masyarakat pemerintah dan swasta,” kata Rusman Emba, senin (2/7).

Mantan anggota DPD RI tersebut membuka kran investasi seluas-luasnya pada stake holder. Ia menegaskan jika upaya memajukan Muna menjadi sejajar dengan daerah lain harus dikerjakan secara berjamaah. Salah satu visi besar Rusman ialah menjadikan motewe sebagai pusat pengembangan kawasan perkotaan baru di Raha. Selain itu, di era Rusman, akses menuju Muna kini semakin mudah seiring dibukanya rute maskapai Garuda dan Wings Air di Bandara Sugi Manuru.

Kini, belum genap dua tahun memimpin, Rusman Emba – Malik Ditu sudah menorehkan sejumlah catatan penting yang menjadi kado manis bagi Kabupaten Muna di-HUT yang ke-59 tahun. Untuk memajukan Muna, Rusman menggebrak dengan pariwisata. Saat ini, sudah ada 73 destinasi wisata yang ditetapkan dengan empat destinasi unggulan yakni Meleura, Napabale, Liangkabori dan pantai Towea. Bahkan, Gua prasejarah Liangkabori sudah ditetapkan menjadi cagar budaya nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Sebenarnya pariwisata hanya akan menjadi pintu gerbang investasi masuk. Setelah itu, sektor lain pasti akan ikut, seperti infrastruktur kita benahi, masyarakat akan membuka usaha di tempat wisata dan perhotelan juga akan hidup,” jelasnya.

Visi Rusman benar-benar dijalankan. Tahun 2017 lalu, pembenahan jalur wisata dilakukan disertai dengan peningkatan kualitasnya. “Tahun ini jalur Lohia yang di sana ada Meleura, Napabale dan Liangkabori di aspal dengan anggaran Rp 11 miliar,” sambungnya.

Maju saja ternyata tidak cukup bagi politisi PDIP ini. Bagi dia, Kabupaten Muna juga harus kuat dalam budaya dan karakter. Untuk hal ini, LM. Rusman Emba berkomitmen melaksanakan pembangunan berbasis budaya. Salah satu yang paling fundamental ialah pembangunan komplek rumah adat. “Itu untuk menunjukkan kebesaran leluhur. Sehingga kita sebagai orang Muna kembali bangga dengan jati diri. Spirit membangun kebudayaan ini harus dilihat sebagai hal yang prinsip dalam masyarakat kita. Pada akhirnya, daerah kita bisa maju tanpa kehilangan identitas,” terangnya.

Kendati begitu, Rusman membangun Muna dengan tidak melupakan urusan perut. Ia berkomitmen, Muna akan menjadi daerah yang mandiri. Kemandirian tersebut akan ditempuh dengan ekonomi kerakyatan. Ikhtiar itu sudah dirintis sejak 2017 lalu dengan membentuk kampung tenun di Desa Maabholu, Liangkabori dan Masalili. Kebijakan itu diikuti dengan penggunaan kain tenun bagi ASN dan pelajar untuk mendongkrak omset penenun lokal. Langkah itu untuk mendorong usaha mikro kecil menengah yang berbasis kearifan lokal tetap tumbuh. “Saya baru menyelesaikan satu tahun anggaran. Itu artinya belum cukup untuk menjawab semua keinginan masyarakat. Tetapi yang pasti, pembangunan ini akan sudah dijalur yang tepat. Tahun ini pengaspalan jalan, air bersih untuk warga penuntasan pasar Laino dan rumah sakit akan dikerjakan,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top