Pariwara
Politik

Aturan KPU Dianggap Menyulitkan

KENDARIPOS.CO.ID — Surat Edaran (SE) Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor 627 tertanggal 30 Juni 2018, yang mengatur rumah sakit menjadi rujukan atau yang direkomendasi sebagai tempat pemeriksaan syarat calon legislatif (caleg) menimbulkan permasalahan.

“Adanya rumah sakit yang dirujuk sesuai daftar yang dibuat KPU secara teknis memang akan membuat problematika,” kata Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Habib Aboe Bakar Al Habsy, Senin (2/7).

Aboe menjelaskan pembuatan daftar rumah sakit tersebut berkonsekuensi menjadi pembatasan institusi yang bisa memberikan keterangan sehat dan bebas narkoba kepada caleg. Menurut Aboe, jika dilihat dari daftar yang ada tentunya masyarakat akan mengalami kesulitan melakukan pendaftaran.

Akibatnya, ujar dia, kemungkinan pemilu 2019 akan sepi peminat karena kesulitan memenuhi persyaratan tersebut mengingat tengat waktunya yang sangat mepet. Lebih parah lagi, pada surat itu KPU malah mencantumkan rumah sakit swasta sebagai rujukan. Padahal, berdasar Undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, puskesmas atau rumah sakit pemerintahlah yang dipakai.

Anggota Komisi III DPR ini menambahkan di daerah pemilihannya di Kalimantan Selatan, banyak caleg yang sudah menggunakan RSUD setempat untuk rujukan. “Jika surat keterangan sehat dan bebas narkoba tersebut tidak dapat digunakan, tentunya proses yang sudah dijalani dan biaya yang dikeluarkan akan terbuang percuma,” jelasnya.

Namun demikian, Aboe mengapresiasi KPU yang segera meralat SE 627 dengan mengeluarkan SE 633. Dalam SE terbaru itu, KPU meralat redaksional mengenai rujukan pasal dari UU Pemilu. Semua tertulis pasal 182 huruf dan pasal 240 huruf u, menjadi pasal 182 huruf dan pasal 240 ayat 1 huruf h. “KPU telah mengeluarkan kembali surat penjelasan bernomor 633, dan kami berharap surat ini dapat memperjelas proses pengurusan kesehatan dan bebas narkoba,” katanya. (boy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top