Pariwara
Metro Kendari

500 Hektare Sawah Puso, 700 Terendam

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.IUD — Para petani di sejumlah kabupaten di Sultra kembali akan menelan kerugian besar tahun ini. Tanaman padi sawah hingga jagung terendam. Bahkan ratusan hektare sudah diprediksi akan gagal panen atau puso. Hingga kini nasib itu sudah dialami oleh petani di lima kabupaten yakni Konsel, Konut, Konawe, Muna Barat dan ibu kota provinsi Kota Kendari.

Dari catatan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, hingga saat ini total padi sawah yang terkena dampak banjir seluas 785,05 hektare. Sementara yang puso seluas 540,55 hektare. Di Konut sebanyak 341,05 hektare dan Konawe 199,50 hektare. “Dua daerah itu paling parah banjirnya khususnya di daerah persawahannya,” ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Muhammad Nasir, senin (2/7).

Selain padi, komoditi jagung juga mengalami gagal panen. Sejauh ini data masuk atau terlapor yakni lahan perkebunan jagung yang terendam hingga puso yakni 20 hektare. Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sultra itu berharap sawah yang terendam masih bisa selamat meski jumlahnya tidak utuh lagi. Minimal petani bisa panen meski kurang dari biasanya.

Sementara terhadap sawah yang puso, pemerintah akan menyiapkan bibit pengganti. “Saat ini kita sedang mengusulkan ke pusat agar diberikan bantuan benih seperti tahun lalu juga. Kita minta 13 ton untuk 500 hektare itu,” pungkas Muhammad Nasir. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top