Pariwara
Wakatobi

Unhas dan Pemkab Wakatobi Kerja Sama

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
KERJA SAMA : Sekab Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu (dari kiri), Ketua DPRD, Muh. Ali, Bupati, H. Arhawi, Ketua KPPS FK Unhas, dr. Syafri dan Direktur RSUD Wakatobi, dr. Munardi (kanan) dalam penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak.

KENDARIPOS.CO.ID — Kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi dan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar sejak tahun 2016 lalu terus berlangsung. Terbaru, nota kesepahaman antara kedua belah pihak ditandatangani khususnya dalam bidang kesehatan. Dari hasil kesepakatan ini ada penambahan dua dokter yang siap mengabdi di Wakatobi sesuai waktu yang telah ditentukan.

Bupati Wakatobi, H. Arhawi, yang ditemui usai menandatangani kesepakatan tersebut menyambut baik hal tersebut. Pemerintah berharap dengan kerja sama yang telah terjalin beberapa tahun ini bisa lebih baik lagi. Ia juga menginginkan pendistribusian tenaga dokter ke depan, tak lagi diatur waktu. Wakatobi-1 ini menyebut, kerja sama yang terjalin pada tahun 2016-2017 lalu ini telah mendatangkan empat dokter spesialis untuk bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wakatobi. “Sekarang kita kembali tekan MoU bersama FK Unhas dan akan ada dua dokter spesialis lagi yang bertugas di rumah sakit. Jadi saat ini totalnya sudah ada enam dokter spesialis,” ungkap Arhawi, minggu (1/7).

Ia menyadari, minimnya tenaga dokter di RSUD maupun pada berapa Puskesmas menjadi tantangan pemerintahannya. Kondisi itu tentu saja menjadi pekerjaan yang harus dituntaskan. Sehingga tak heran jika saat ini daerah yang dipimpinnya selama dua tahun ini tengah giat-giatnya berupaya mencukupi tenaga dokter spesialis dan umum. “Kalau selama ini kerja sama kita tentu terikat dengan waktu. Kita berharap ke depan tidak lagi dibatasi atau dokter yang bertugas benar-benar mengabdi di Wakatobi. Alhamdulillah untuk di kecamatan tinggal dua Puskesmas yang belum ditempati dokter umum dan gigi. Selebihnya sudah ada,” ungkap Arhawi.

Sementara itu, Ketua KPPS Dokter Spesialis FK Unhas, DR.dr.Syafri, juga mengapresiasi kerja sama yang terjalin selama ini. Dalam kesepakatan kali ini tak ada penekanan apapun dari pihaknya. Dokter yang ditempatkan di Wakatobi adalah spesialis bedah, penyakit dalam, kebidanan dan anak. “Keempat dokter ini merupakan bantuan program nasional wajib kerja dokter spesialis (WKDS). Jadi, karena ada program nasional ini sehingga dari Unhas mendukung dengan menghadirkan dua dokter spesialis yakni anestesiologi dan bagian patologi klinik,” bebernya.

Kerja sama yang dibangun sejak tahun 2016 lalu ini diakui Syafri sewaktu-waktu bisa dihentikan. “Jika sumber daya manusia dokter di Wakatobi telah memadai dan kita harapkan program ini dapat menghasilkan tenaga dokter yang berasal dari daerah,” tambahnya dalam pertemuan juga turut dihadiri Ketua DPRD Wakatobi, Muhammad Ali dan Sekretaris Kabupaten, Muhammad Ilyas Abibu. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top