Pariwara
Hukum & Kriminal

Terkait Dugaan Aliran Uang Korupsi Bibit Ikan, Jaksa Bidik Oknum Anggota DPRD Konawe

Sahrir

KENDARIPOS.CO.ID — Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe terus mendalami kasus korupsi pengadaan bibit ikan di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konawe tahun anggaran 2015. Setelah menetapkan tiga tersangka, jaksa juga mengendus adanya aliran dana yang mengarah ke salah satu oknum anggota DPRD Konawe.

Satu dari tiga tersangka menyebut nama oknum anggota dewan kepada penyidik kejaksaan. Diduga duit hasil korupsi bibit ikan mengalir ke kantong oknum anggota DPRD Konawe tersebut. Jaksa kini membidik sang wakil rakyat itu.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Konawe, Sahrir, SH mengatakan oknum anggota DPRD Konawe sudah pernah di panggil namun dalam pemeriksaan ia mengelak telah menerima kucuran dana korupsi tersebut. Kini, Kejari Konawe harus bekerja ekstra untuk mencari kebenarannya. Sayangnya, Sahrir SH masih belum mau menyebut identitas oknum anggota dewan tersebut. Alasannya, masih tahap penyidikan.

Tiga tersangka yakni Kusdiana sebagai PPK, Mukmin sebagai Bendahara dan Joko Rusianto sebagai mantan Kepala DKP Konawe tidak ditahan karena dianggap masih kooperatif. “Untuk ketiga tersangka ini belum kita tahan, karena memang belum diperlukan, dengan pertimbangan masih kooperatif. Mereka juga wajib lapor setiap Senin atau Selasa,” ujar Sahrir, akhir pekan lalu.

Untuk diketahui, perkara dugaan korupsi pengadaan bibit ikan di DKP Konawe tahun anggaran 2015 lalu diduga telah merugikan keuangan negara sebesar Rp.735 juta sesuai hasil audit BPKP. Mantan Kepala DKP, Joko Rusianto dan Kusdiana telah mengembalikan, maisng-masing Rp 50 juta. Sehingga, total pengembalian hingga saat ini hanya berjumlah Rp 100 juta. Masih ada selisih Rp 635 juta. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top