Pariwara
Buton Tengah

Samahuddin Harap Buteng jadi Percontohan

MUHAMMAD YUSUF/KENDARI POS
LOMBA DESA : Bupati Buteng, H. Samahuddin (depan) saat menyambut kedatangan tim penilai dari Pemprov Sultra untuk memantau kesiapan Desa Lalibo.

KENDARIPOS.CO.ID –Buton Tengah (Buteng) diharap menjadi daerah tempat studi banding untuk lomba desa dan kelurahan di Provinsi Silawesi Tenggara (Sultra). Menurut Bupati Buteng, H. Samahuddin, tahun 2017 lalu Desa Lanto di Kecamatan Mawasangka Tengah berhasil meraih peringkat pertama. Makanya, tahun ini Desa Lalibo yang menjadi andalan daerah dalam lomba serupa, diharapkan bisa memertahankan prestasi sebelumnya. “Kalau tahun 2018 ini Desa Lalibo kembali berhasil meraih peringkat pertama, kami berharap bisa dijadikan daerah percontohan di Sultra. Sebab mempertahankan prestasi yang dicapai lebih sulit, dari pada merebut gelar juara. Masyarakat telah berusaha keras dan bahu membahu mendapatkan hasil terbaik dalam lomba ini. Apalagi, kami dari pemerintah kabupaten mendukung penuh kegiatan lomba desa,” ungkap Samahuddin.

Sementara itu, Kades Lalibo, Awaluddin, menyampaikan, dilihat dari potensi yang ada, wilayahnya memiliki sarana dan prasarana cukup Iengkap serta memadai. Utamanya dalam menopang dan mendukung program indeks pembangunan manusia (IPM). Mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, partisipasi masyarakat, pemerintahan desa dan keamanan. “Jumlah penduduk Desa Lalibo 1.026 jiwa yang terdiri dari laki-laki 482 jiwa dan perempuan 544 jiwa dengan jumlah 269 kepala keluarga. Sebagian besar lahan digunakan sebagai lokasi perkebunan,” bebernya.

Ketua tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Sultra, Asniyati, menyampaikan, evaluasi perkembangan desa dan kelurahan telah diatur dalam Permendagri nomor 81 tahun 2015. Lomba ini diadakan dengan maksud mendorong dan memberi motivasi pada pemerintah desa, lurah serta masyarakat. Artinya, mereka diharapkan bisa bersaing membangun desa secara sportif dan positif serta meningkatkan layanan pada masyarakat.

“Untuk desa yang berhasil meraih peringkat pertama di Sultra akan dibawa jalan-jalan ke Bali sekaligus menerima penghargaan. Terkait harapan bupati untuk menjadikan Buteng sebagai daerah percontohan, akan kami pertimbangkan melalui rapat bersama tim penilai. Namun, jika Lalibo berhasil meraih peringkat pertama tak tertutup kemungkinan akan menjadi daerah studi banding,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top