Pariwara
Konawe

Pengolah Sagu di Konawe Diberi Bantuan

HELMIN/KENDARIPOS
SAGU : Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Akbar (kiri) menyerahkan bantuan kepada perwakilan kelompok pengolah sagu

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Ketahanan Pangan Konawe, semakin gencar mengembangkan pangan lokal sebagai makanan pokok alternatif bagi masyarakat. Selain menyehatkan, pangan lokal juga mudah dibudidayakan di daerah. Instansi teknis juga telah memberikan bantuan pada lima kelompok pengolah sagu, Sabtu (30/6) lalu di Desa Labela, Kecamatan Besulutu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar, mengatakan, pihaknya terus melanjutkan rutinitas pelayanan masyarakat. Tak hanya memberikan pelatihan, mereka juga menyerahkan peralatan pengolah sagu. “Bantuan ini untuk kelompok pengolah dari Kecamatan Puriala, Onembute, Lambuya, Tongauna dan Anggaberi. Alat yang diberikan seperti pompa, selang, terpal, dan beberapa alat lainnya,” rinci Akbar. Kelima kelompok tersebut telah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya, sehingga alat itu diberikan agar mereka bisa segera mempraktikkan hasil pelatihan.

“Mereka sudah terlatih dan dasarnya juga pengolah sagu. Alat ini sebagai stimulan supaya mereka semakin termotivasi mengembangkan sagu sebagai makanan pokok alternatif,” terangnya. Akbar menilai, pangan lokal juga harus dilestarikan seiring kemajuan teknologi, sebab itu juga menjadi peninggalan budaya masyarakat Konawe yang sejak dulu selalu mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok. “Harapannya semoga ke depan Konawe menjadi pusat pengembangan dan industri sagu berkualitas modern dan berkelanjutan. Makanya, sekarang kita melatih para petani supaya bisa mengelola secara modern,” pungkas Akbar. (c/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top