Pariwara
Politik

Pastikan PSU Berjalan Lancar, KPU-Panwas Kendari Pantau TPS

KENDARIPOS.CO.ID — Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Kendari mendapat perhatian serius Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat. Untuk memastikan tidak adanya kecurangan, kedua pimpinan lembaga ini turun langsung memantau pelaksanaan proses pungut hitung.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengaku puas dengan pelaksanaan PSU di empat TPS. Menurutnya, proses permungutan suara berjalan lancar dan tanpa ada lagi kekeliruan ini. Hal ini tak lepas dari kesiapan penyelenggara menghadapi PSU. Tidak hanya memastikan ketersedian logistik, namun juga melakukan bintek dan penguatan pada petugas KPPS agar tidak terulang lagi.

“Hari ini, saya keliling di 4 TPS dan saya selalu ingatkan agar pastikan pelaksanaan PSU berjalan sesuai aturan. Untuk kebutuhan logistik sendiri, disesuaikan dengan daftar pemilih tetap (DPT) plus 2,5 kertas suara. Totalnya, sebesar 1.379 lembar,” kata pria yang akrab disapa Alex ini saat mengawasi pelaksanaan PSU di TPS 13 Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia, Minggu (1/7)

Ia membantah adanya isu yang beredar melalui media sosial (Medsos) bahwa pelaksanaan PSU berkaitan dengan adanya “permainan”. Menurutnya, pelaksanaan PSU murni karena adanya kekeliruan. “Kalau ada sesuatu, coba tanyakan langsung ke Panwas. Pasti mereka akan jawab hal yang sama,” tandasnya.

Untuk Kota Kendari sambungnya, ada 4 TPS yang menggelar PSU. Ke-4 TPS tersebut yakni TPS 13 dan 14 Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia, TPS 10 Kelurahan Pondambea Kecamatan Kendari Barat dan TPS 02 Wowanggu Kecamatan Kadia.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Kendari, Sahinuddin mengatakan pelaksanaan PSU lebih disebabkan kekeliruan. Katanya, petugas membuka kotak suara tidak sesuai prosedural. Sejauh pengamatannya, PSU di 4 tersebut berjalan dengan kondusif. Animo masyarakat bagus dengan aktif menyalurkan hak pilihnya di TPS. “Sejauh ini, belum ada (kecurangan) yang kami temukan,” katanya.

Sebelumnya, dirinya juga sudah menginstruksikan kepada pengawas lapangan untuk melakukan pengawasan dengan baik saat pungut hitung maupun pendistribuan logisitik di 4 TPS tersebut. Sehingga, berjalan dengan baik dan normal. “Perhatian kami tertuju di TPS. Dan kami berharap tidak ada lagi PSU,” ungkapnya. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top