Pariwara
Metro Kendari

Kebun Raya Kendari Tuntas 2019

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak tahun 2015, Kota Kendari masuk dalam roadmap pembangunan Kebun Raya tahun 2015-2019. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memilih Kota Kendari bersama 11 kota lainnya sebagai lokasi pembangunan area wisata berbasis ekologi itu. Pembangunan kebun raya itu disepakati dalam nota kesepahaman (MoU) bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kebun Raya tersebut dibangun diatas lahan seluas 113 hektare, terdiri dari 21 hektar hutan lindung dan selebihnya hutan produksi.
Pemkot Kendari pun mendukung penuh pembangunan kebun raya, mulai dari pembebasan lahan untuk akses masuk hingga penurunan sebagian status hutan. Memasuki tahun 2017, Kebun Raya Kendari sudah bisa dimanfaatkan sebagai lokasi wisata bagi masyarakat metro. Meskipun spotnya belum memadai. Akan tetapi sejumlah fasilitas sudah nampak berdiri kokoh di sana.

Pemerintah pusat sudah menggelontorkan dana Rp 13 miliar pada tahun 2016. Selanjutnya ditambah lagi Rp 11 miliar tahun 2017.
Melihat progres yang cukup baik dan animo masyarakat yang cukup tinggi, pemerintah pusat mengucurkan anggaran lagi tahun 2018 ini, yakni sebesar Rp 14 miliar lebih.

Kepala UPTD Kebun Raya, La Ode Yama mengatakan pembangunan Kebun Raya tahun ini mulai dilanjutkan Maret lalu. Itu setelah kontrak diteken antara kementerian bersama rekanan. Kontrak dimaksud sebesar Rp 14 miliar. “Sementara berjalan terus, saat ini pekerjaan tanggul kali. dan baru selesai paving block dan gerbangnya,” ujarnya, minggu (1/7).

Sesuai jadwal, pemanfaatan sepenuhnya kebun raya itu pada tahun 2019 mendatang. Itu akan ditandai dengan penyerahan pengelolaan kebun raya dari pemerintah pusat kepada Pemkot Kendari. Bilapun saat ini kebun raya kerap kedatangan banyak pengunjung, itu baru sekedar tahap sosialisasi kepada masyarakat. “Kalau orang datang boleh, tapi itukan belum dilaunching sebenarnya, nanti sudah jadi semua baru dilaunching oleh pemerintah pusat,” tambah La Ode Yama. (ely/b)

Item Pekerjaan Kebun Raya tahun 2018:

-Pembangunan pengembangan gerbang utama dan penataan boulevard
-Pembangunan area parkir sepeda motor
-Pembangan pagar pengaman tanggul
-Pembangunan menara pandang di camping ground
-Pembangunan talud di area visitor center
-Pembangunan Taman Ultra Basic
-Pembangunan pedestrian

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top