Pariwara
Bombana

E-Budgeting Ciptakan Transparansi Keuangan di Bombana

Darwin

KENDARIPOS.CO.ID — Transparansi dalam tata kelola keuangan wajib harus dilakukan. Kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana menerapkan sistem e-Budgeting. Seluruh kegiatan Pemkab dalam satu tahun anggaran akan dipublikasikan terlebih dahulu sebelum dikerjakan agar dapat dinilai apakah sesuai kebutuhan masyarakat atau tidak. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bombana, Darwin. “Penerapan e-Budgeting akan running pada APBD Perubahan 2018. Inovasi ini direspon baik Bupati Bombana. Menurut beliau, sistem ini sangat penting dilakukan sebagai bentuk transparansi Pemkab saat mengelola anggaran untuk sebuah pekerjaan,” paparnya, akhir pekan lalu.

Ia menjelaskan, dalam sistem kerja elektronik budgeting tersebut, BPKAD telah membuat situs online khusus untuk aplikasi itu. Seluruh pekerjaan fisik yang akan dikerjakan Pemkab Bombana akan diupload di situs tersebut, disertai anggaran yang direncanakan. “Jadi masyarakat bisa mengakses langsung dan lihat semua pekerjaan setiap tahun anggaran. Warga dapat berkomentar dengan apa yang telah diupload, seperti pembangunan jembatan di daerah mereka dan jika dianggap anggarannya terlalu banyak, bisa komen dan menjadi bahas evaluasi lagi, ” rinci Darwin.

Penetapan anggaran dalam pekerjaan yang diupload di e-Budgeting terdapat dalam kebijakan umum anggaran dan priorotas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS). Nantinya akan diserahkan ke DPRD Bombana untuk dibahas dalam rapat anggaran atau perubahan. “Menariknya lagi, dengan sistem ini pihak dewan tidak lagi dapat mengurangi anggaran Pemkab, karena sudah dilihat langsung masyarakat. Kecuali ada alasan tertentu. Keunggulan e-Budgeting, dapat meminimalisir pelanggaran, seperti ada pekerjaan yang tiba-tiba muncul padahal belum pernah masuk dalam pembahasan. Itu tentu akan sangat merugikan daerah,” tegasnya. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top