Pariwara
Kolaka Utara

Distan Kolut Diminta Publikasi Tahap Revitalisasi Kakao

Agusdin

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka Utara (Kolut) terus memantau realisasi tahapan program revitalisasi kakao yang dijalankan pemerintah. Secara khusus, Dinas Pertanian (Distan) Kolut sebagai instansi teknis diharapkan bisa memberi laporan berkala agar diketahui lebih lanjut progres pelaksanaan di lapangan. Ketua DPRD Kolut, Agusdin, mengaku, pihaknya butuh fakta-fakta atas kinerja yang dilakukan selama ini. “Apakah benar, output kegiatan tersebut mampu capai sasaran. Kami semua pengawas di lapangan,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Agusdin juga mengutarakan, secara berkala pihaknya memanggil jajaran Distan untuk memberikan penjelasan dari setiap kegiatan berjalan. Namun pihaknya juga meminta agar bisa terbuka dan mempublikasikan ke media supaya masyarakat luas bisa mengetahui apa yang telah mereka kerjakan dan bagaimana progresnya. “Soalnya program ini menggunakan dana miliaran rupiah,” desaknya. Ia sendiri punya pandangan jika menurunnya produksi kakao di wilayah tersebut karena faktor pengetahuan petani yang minim dalam mengoptimalkan tanaman. Sebagian besar hanya petani tradisional, sehingga butuh pendampingan dan pelatihan langsung di lapangan.

Setidaknya, dalam setiap desa ada kebun percontohan yang menjadi rujukan para petani setempat bertukar ilmu dan pengalaman. “Petani saat ini harus praktik langsung dan tak membutuhkan teori yang panjang. Contoh menaman, perlihatkan serta memupuk yang baik dan pembasmian hama harus mereka lihat langsung dan praktikkan. Kami punya harapan besar agar Pemkab menyukseskan program revitalisasi ini,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top