Pariwara
Politik

Caleg Mantan Napi Wajib Umumkan Diri di Media

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2019 segera dimulai. Masa pendaftaran bakal calon anggota DPRD resmi di buka pada 4 hingga 17 Juli mendatang. Sejumlah persyaratan harus dipenuhi jika ingin ikut serta dalam kontentasi lima tahunan itu.

Persyaratan bakal calon legisltaif 2019 sendiri semakin ketat. Salah satu yang diatur dengan tegas ialah bagi mereka mantan narapidana. Berdasarkan peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018, bakal caleg yang berstatus mantan napi wajib mengumumkan statusnya kepada khalayak melalui media cetak (koran). Pengumuman itu disertai adanya pernyataan pernah tersandung kasus hukum dan saat ini sudah tuntas menjalani hukumannya.

“Jadi calon hanya menyertakan bukti koran dan pernyataan dari pimpinan media terkait bahwa yang bersangkutan sudah mengumumkan statusnya kepada publik,” kata Kubais, Ketua KPUD Muna dalam rapat koordinasi persyaratan calon anggota DPRD, Minggu (1/7).

Narapidana sendiri tidak seluruhnya boleh mengikuti Pilcaleg. Pilcaleg tidak akan diikuti bagi mereka mantan napi kasus korupsi, pelecehan seksual dan napi narkoba. Kubais mengatakan jika aturan itu sengaja diberlakukan untuk mencegah koruptor dan pelaku kejahatan terkait menjadi pejabat. “Semua harus dibuktikan dengan pernyataan dari institusi pengadilan, kejaksaan, BNN, Lapas dan stake holder lain,” sambungnya.

Setelah masa pendaftaran, para bakal caleg akan melalui tahap uji publik. Di kesempatan itu, masyarakat akan menilai kelayakan seseorang yang akan berkontentasi dalam pemilihan wakil rakyat. “Kemungkinan besar akan ada 480 bacaleg. Semuanya akan mengikuti prosedur sebagaimana yang diumumkan KPUD,” lanjutnya.

Selain itu, persyaratan lain yang harus dipenuhi antara lain bagi asn, TNI/Polri maupun kepala desa wajib menunjukkan surat pengunduran diri dan disertai tanda terima dari atasan. Ketentuan itu harus dilampirkan dalam dokumen pendaftaran. “Proses seleksinya panjang sebelum akan dilakukan penetapan DCT pada 20 September nanti,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top