Pariwara
Buton Tengah

Siaga Kekeringan, BPBD Buton Tengah Siapkan Rp 7 M

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam persiapan menghadapi musim kemarau, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Buton Tengah menyediakan anggaran siaga kemarau. Dana tersebut berasal dari pemerintah pusat kurang lebih sebesar Rp 7 miliar. Dana itu sudah mendapat respon pusat, hanya tinggal dicairkan saat kekeringan terjadi. Kepala BPBD Buteng, Muh. Yusuf, mengatakan, ada empat wilayah kecamatan yang berpotensi mengalami kekeringan di Buteng, yakni Mawasangka Tengah, Mawasangka Timur, Talaga dan Gu. Pihaknya menyiapkan dana bagi kecamatan yang kesulitan mendapat air bersih saat kemarau.

“Usulan kita terkait siaga bencana kekeringan diamini pusat. Dananya sudah tersedia, tinggal kita gelontorkan saja, kalau di wilayah Buteng terjadi kekeringan. Kami berharap dana ini bisa mengatasi masalah kekeringan yang biasanya terjadi di Buteng,” ungkapnya, Jumat (29/6/2018). Yusuf menambahkan, khusus kebutuhan air di Talaga, pihaknya menilai cukup berat. Pasalnya, selain terletak di pulau tersendiri, struktur tanahnya adalah mengandung kapur sehingga masyarakat kesulitan mendapat air bersih. Bahkan, BPBD sudah memantau langsung kondisi ketersediaan air bersih di Kecamatan Talaga.

“Untuk memenuhi kebutuhan air mesti diambil dari pulau sebelah, yakni Kabaena. Perlu ada kajian tentang air dari Dinas PU untuk mengatasi persoalan ini. Tapi program ini jangka panjang. Untuk jangka menengah, saat kekeringan terjadi kita melakukan upaya mengatasi sulitnya air bersih di masyarakat,” jelasnya. Yusuf menambahkan, untuk mengatasi bencana kekeringan jangka panjang BPBD Buteng berencana membuat embung (sumber air bersih buatan di atas pegunungan). Pembuatan sumber air tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran hingga Rp 16 miliar. Selain bisa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat, air tersebut bisa digunakan untuk irigasi pertanian.

“Pembuatan embung sebagai sumber air untuk kebutuhan masyarakat dan pertanian, saat ini dikembangkan di Gunung Kidul. Kami berencana akan melakukan studi banding ke sana untuk memastikan proyek pembuatan embung. Apalagi kalau kita perhatikan topografi wilayah di Buteng mirip dengan Gunung Kidul,” tandas mantan Kepala BPBD Muna itu. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top