Pariwara
HEADLINE NEWS

PSU Lima TPS di Koltim Digelar Hari Ini

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) langsung direspon Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim). Dari hasil pertemuan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Koltim, diputuskan lima tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah otorita H.Tony Herbiansyah harus dilakukan pemungutan ulang. Sesuai kesepakatan, PSU akan dilakukan hari ini (1/7).

Meski memutuskan PSU, KPU tetap akan menugaskan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS tersebut. KPU beralibi proses pergantian penyelenggara pemilu membutuhkan waktu lama sementara PSU hanya sebentar.

Ketua KPU Koltim, Darwis mengaku tengah mempersiapkan PSU berdasarkan rekomendasi Panwaslu Koltim, agar supaya segara melaksanakan PSU di lima TPS. Lima TPS tersebut yakni TPS 01 Kelurahan Welala, TPS 02 Desa Raraa Kecamatan Ladongi serta TPS 01, 04 dan 05 Desa Mokupa Kecamatan Lambandia Koltim.

“Kami sudah pertemuan bersama Bawaslu Provinsi, Panwaslu membahas rekomendasi PSU ini. Putusannya PSU akan kita gelar pada tanggal 1 Juli mendatang. Kalau petugas KPPS, kita tidak akan ganti alasannya butuh waktu lama. Sementara rentan waktu pelaksanaan PSU kasip sekali,” kata Darwis saat dikonfirmasi Kendari Pos, Jumat (29/6).

PPS dan KPPS yang bertugas di TPS penyelenggaraan PSU kata dia, kemungkinan bisa diganti dalam pemilihan berikut. Karena aturannya jelas pada PKPU nomor 3 tahun 2015, PKPU nomor 12 tahun 2017 dan PKPU nomor 13 tahun 2018. Di mana pada sejumlah pasal itu mengatur tentang tata kerja penyelenggara pemilu dan proses pengangkatan dan pemberhentian PPK, PPS dan KPPS.

Seperti berita sebelumnya, bahwa Panwaslu telah mengeluarkan surat rekomendasi PSU pada lima TPS pada dua kecamatan. Seperti TPS 01 Kelurahan Welala, TPS 02 Desa Raraa Kecamatan Ladongi, sementara TPS 01, 04 dan 05 Desa Mokupa Kecamatan Lambandia Koltim. Dengan alasan Panwaslu menemukan pembukaan kotak suara oleh PPS tidak sesuai mekanisme dan itu memiliki kekuatan hukum untuk direkomendasikan PSU. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top