Pariwara
HEADLINE NEWS

Kepala BKPSDM Kolut : Tak Bisa Komputer, Jangan Daftar CPNS !

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Para pendaftar calon pengawai negeri sipil (CPNS) diharapkan memersiapkan diri lebih awal jelang rencana pemerintah pusat mengumumkan formasi seleksi penerimaan. Pelamar diminta cukup mendengar informasi resmi dari pemerintah saja dan bukan melalui calo yang kerap melakukan penipuan. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kolut, Mardang, menekankan, para calon pendaftar harus mempersiapkan berkas dan kompetensinya agar bisa lolos. Proses perekrutan saat ini bukan lagi secara manual namun via online. “Kalau tidak bisa komputer, tak usah mendaftar,” sindirnya, Jumat (29/6/2018).

Pasalnya, akan muncul lagi operator-operator bayaran yang menawarkan jasa pendaftaran hingga klaim diwakilkan untuk melakukan tes. Itu fakta dan telah ia temukan sendiri sejak penerimaan tahun-tahun sebelumnya. “Omong kosong itu kalau tesnya juga bisa diwakili,” tegas Mardang. Menyangkut calo, tak bisa dipungkiri akan ramai beraksi mencari korban untuk dikelabui. Bukan hanya nama kepala dinas maupun instansinya saja yang banyak dicatut, namun juga BKN. Klaim sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat akan laris dijual pada para pelamar.

“Puluhan bahkan ratusan juta rupiah bisa saja hilang. Yang mau ditipu selalu saja ada setiap waktu penerimaan. Pikirannya itu bagaimana ya, sementara kami kerap beri pemahaman,” prihatinnya. Padahal menurut Mardang, para calo ini hanya bermodal untung-untungan saja. Jika korbannya memang dinyatanya lulus sesuai kemampuan, maka diklaim atas campur tangannya. Jika gagal maka menghilangkan jejak karena selama ini hanya berkomunikasi antara korban dan pelaku via selular saja.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top