Pariwara
Nasional

Kemendagri Apresiasi Pilkada di Sultra

COBLOS: Lukman Abunawas bersama istri menyalurkan hak pilihnya di TPS 03 Kelurahan Arombu Unaaha. Foto: Helson/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala daerah serentak di Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab, prosesnya berjalan lancar dan tanpa kendala berarti. Meski ada beberapa TPS yang melakukan pemungutan suara ulang (PSU), namun secara umum sudah baik.

Hal itu diungkapkan Koordinator Desk Pilkada Kemendagri, Suhajar Diantoro. “Untuk Sultra suksess. Meski ada kendala bencana alam ternyata tidak menyurutkan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya,” tuturnya, jumat (29/6).

Terkait dengan pelanggaran Pilkada lain, Suhajar belum bisa merincikan apa saja yang terjadi. “Ada 1.000 laporan tapi itu rata-rata nasional. Rata-rata pelanggaran terjadi terkait netralitas ASN. Sementara untuk jumlah pelanggaran ASN di Sultra belum bisa dirincikan nanti Bawaslu yang merinci,” ungkapnya.

Untuk money politic sendiri, Suhajar mengaku salut untuk penyelenggaraan di Sultra. “Hasil koordinasi dengan Pemda setempat proses semua berjalan lancar. Tampaknya tindakan KPK beberapa kali di Sultra memberikan dampak yang cukup baik,” jelansya.

Secara umum, pantauan desk Pilkada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) didapatkan bahwa hasil Pilkada serentak 2018 semakin baik. Dari total pengaduan pelaksanaan Pilkada terdapat penurunan dari pelaksanaan sebelum-sebelumnya. “Tahun lalu sekitar 2.000-an pengaduan. Saat ini justru turun bekisar 1.000- an saja,” imbuhnya. Sebelumnya, Bawaslu RI merilis ada 35 TPS yang harus lakukan pemungutan suara ulang (PSU) di Sultra. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top