Pariwara
Nasional

PM Mahathir Bertemu Presiden Jokowi, Sepakat Lawan Pelarangan Kelapa Sawit Eropa

SAMBUT: Presiden Joko Widodo (kanan) menyambut hangat kedatangan Perdana Menteri (PM) Malaysia Dr. Mahathir Mohamad di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat pagi (29/6)

KENDARIPOS.CO.ID — Indonesia dan Malaysia bersepakat untuk bersama-sama melawan kebijakan diskriminasi yang dibuat Uni Eropa terkait pelarangan ekspor kelapa sawit ke wilayahnya. Hal itu, menjadi salah satu isu yang dibicarakan dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad di Istana Kepresidenan, Bogor, (29/6).

Mahathir mengatakan, larangan masuk untuk komoditas kelapa sawit yang ditetapkan Eropa menjadi masalah serius bagi kedua negara. Sebab, keduanya merupakan penghasil minyak sawit terbesar di dunia. “Kita perlu bersama-sama melawan,” ujarnya dalam konferensi pers bersama.

Pimpinan koalisi Pakatan Harapan itu menilai, argumen pelarangan sawit dengan alasan kelestarian alam tidak sepenuhnya bisa diterima. Menurutnya, perluasan lahan dilakukan untuk menambah hasil dan kesejahteraan masyarakat. Namun keseimbangan hutan tetap dijaga.
Sebaliknya, PM tertua di dunia itu balik menyerang Eropa. “Kita semua ingat bahwa di Eropa, negara mereka juga dahulu dilitupi (tertutup) hutan, tapi mereka sudah tebang hampir semua hutan mereka,” imbuhnya. Dia justru menduga, isu lingkungan hanya dijadikan alasan. Sementara penyebab utamanya adalah persaingan bisnis.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top