Pariwara
Bombana

Pertanian dan Kelautan Tunjang Ekonomi Bombana

Bupati Bombana, H. Tafdil

KENDARIPOS.CO.ID — Sektor perikanan dan kelautan menjadi sektor unggulan di Kabupaten Bombana sebagai menunjang pertumbuhan ekonomi daerah. Sayangnya, pengelolaan dua sektor tersebut belum maksimal. Masih banyak hasil bumi Wonua Bombana tak diproduksi di daerah itu sendiri. Gambaran tersebut diungkapkan Bupati Bombana, H. Tafdil.

“Pertanian di Bombana tidak perlu diragukan lagi khususnya tanaman padi. Setiap tahun kita produksi 100 ribu ton gabah kering dan bila jadi beras mencapai 60.000 ton. Namun yang dinikmati hanya 30 persen saja karena dikirim ke luar. Jadi nanti kami akan membuat pabrik beras yang berlabel dan investornya sudah ada, ” paparnya, jumat (29/6). Tak hanya beras, Bombana juga memiliki puluhan ribu hektare sawit, namun belum maksimal karena hasilnya masih dikirim ke luar daerah dengan harga rendah.

Makanya, pendirian pabrik sawit di wilayah Bombana juga akan menjadi prioritas Pemkab. “Jadi adanya investor bidang pertanian di Bombana sangat membantu pertumbuhan ekonomi. Memang kita punya tambang nikel, tapi itu tidak bisa menunjang karena akan habis. Beda seperti dengan pertanian yang jangka panjang,” katanya.

Sedangkan untuk sektor kelautan, perairan Bombana sekitar 11.887,31 kilometer persegi atau 78,12 persen dari luas otorita Bombana. Potensi tersebut didukung tanaman rumput laut. Pemkab Bombana bekerja sama dengan pihak swasta sedang melakukan pembangunan pabrik rumput laut. “Para petani kita berikan 800 ton bibit rumput laut yang bisa menghasilkan 8.000 ton. Untuk potensinya rumput laut itu satu petak bisa menghasilkan uang Rp 18 juta. Dalam satu hektare ada lima petak. Kalau setiap petani bisa maksimalkan satu sampai lima hektare, hasilnya lumayan. Pasarnya sudah kami siapkan,” janjinya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top