Pariwara
Muna Barat

Pemkab Mubar Usul 15 Raperda

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah tahun 2017 lalu ada 11 peraturan daerah (Perda) diluar APBD yang ditetapkan, maka pada 2018 ini, Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Muna Barat (Mubar), kembali menggagas 15 Raperda untuk dibahas di DPRD. Kabag Hukum Setkab Mubar, La Gandi, mengatakan, 15 rancangan tersebut sedang dalam proses pembahasan antara pemerintah kabupaten (Pemkab) bersama DPRD.

“Ada Raperda tentang Perusahan Daerah Laworo, pengujian kendaraan bermotor, retribusi tempat khusus parkir, izin trayek, pajak restoran, tentang rumah potong hewan, pengelolan keuangan, pajak bumi dan bangunan, Raperda perdesaan dan perkotaan, pajak hiburan, retibusi pelayanan persampahan dan kebersihan, rencana induk pariwisata daerah, Perusahan Daerah Air Minum, Raperda kepariwisataan, izin mendirikan bangunan hingga aturan tentang pelayanan kesehatan,” rinci La Gandi, Jumat (29/6/2018).

15 Raperda tersebut direncanakan akan dibahas selama 150 hari. Dalam proses pembahasan, juga dilakukan kajian antara daerah dan disesuaikan dengan kondisi di Mubar. Dipastikan pembahasan akan selesai Agustus mendatang. “Karena pembahasan sudah dimulai sejak Mei lalu. Agustus akan dilanjutkan untuk difasilitasi dan dievaluasi pada tingkat lebih lanjut,” jelasnya. Semua Perda akan dievaluasi, termasuk terkait pajak dan retribusi daerah yang akan berakhir di kementerian. “Insyaallah akhir 2018 sudah dapat ditindaklanjuti oleh masing masing SKPD penginisiasi Perda tersebut,” pungkas La Gandi. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top