Pariwara
Bau-bau

Dokter Gigi dan Tenaga Laboratorium Minim di Baubau

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah tenaga kesehatan khususnya dokter gigi dan tenaga laboratorium analisis kesehatan di Kota Baubau ternyata masih sangat minim. Dari 17 Puskesmas yang ada di daerah itu, mayoritas belum memiliki spesialis tenaga kesehatan tersebut. Kondisi itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Edi Natsir.

“Lebih dari setengah Puskesmas yang ada di Kota Baubau belum memiliki dokter gigi. Begitu pula dengan tenaga laboratorium analisis kesehatan. Kita masih sangat kekurangan,” kata Edi Natsir saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/6/2018). Kekurangan tenaga kesehatan tersebut bukan hanya pada yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Tetapi yang non PNS juga sangat terbatas. Semua itu terlihat dari minimnya pelamar tenaga dokter PTT spesialis dokter gigi saat Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melakukan perekrutan.

“Saat rekrutmen dokter PTT kita lakukan, jumlah pendaftar spesialis dokter gigi sangat sedikit. Bahkan dari 15 dokter PPT yang kita kontrak hanya ada satu orang spesialis gigi. Selebihnya dokter umum,” terangnya. Makanya, pihak Dinas Kesehatan akan melakukan pengusulan ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Baubau agar saat penerimaan PNS, tenaga kesehatan menjadi prioritas. Sehingga kekurangan tenaga itu dapat terisi.

“Tetapi untuk dokter umum tetap akan kita usulkan untuk dilakukan penerimaan PNS. Agar beban daerah yang melakukan kontrak dokter PTT bisa berkurang. Karena sekarang ini disejumlah Puskesmas diisi dokter kontrak yang setiap bulan digaji dari uang daerah,” terangnya. Ia menambahkan, mengenai jumlah total usulan kuota yang akan diajukan ke BKPSDM, pihaknya belum bisa sebutkan. Alasannya, masih akan dilakukan pendataan disetiap Puskesmas untuk mengetahui kekurangannya secara jelas. “Kita data dulu dan setelah itu segera dimasukan ke BKPSDM sesuai kekurangan. Berapa nantinya yang akan dilakukan penerimaan jika ada pendaftaran CPNS, tergantung kuota yang disediakan nanti,” pungkasnya. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top