Pariwara
Konawe Selatan

Bupati Konsel Mediasi Sengketa Lahan Eks Pasar Ranomeeto

Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat meninjau lokasi eks ranomeeto yang menjadi sengketa

KENDARIPOS.CO.ID — Mediasi untuk mengantisipasi konflik antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dan pihak Koramil dan masyarakat terkait sengketa lahan di eks Pasar Ranomeeto, dilakukan Bupati, H. Surunuddin Dangga, Jumat (29/6/2018). Rapat terbatas tersebut juga dihadiri Sekretaris Kabupaten (Sekab) H. Sjarif Sajang yang dihadiri Ketua DPRD, Irham Kalenggo di ruang rapat kantor Camat Ranomeeto. Untuk diketahui, ada warga yang mengklaim lahan eks Pasar Ranomeeto sebagai miliknya. Mereka menduga lahan itu diambil Pemkab Konsel maupun pihak TNI-AD dalam hal ini pihak Koramil Ranomeeto.

“Makanya, saya ambil inisiatif dengan mengundang pihak terkait untuk duduk bersama mencari titik terang dan segera menuntaskan masalah ini agar tidak berkepanjangan,” ujar Surunuddin Dangga, Jumat (29/6/2018). Bupati Konsel mencatat, sebelumnya ada tiga laporan yang ia terima terkait sengketa lahan itu. Pertama, informasi tanah tersebut telah dihibahkan Samad sebagai pemilik awal pada Koramil dan memberikan kembali ke masyarakat. Kedua, jelas Surunuddin, ada surat yang ditandatangani lurah sebelumnya yang melepaskan tanah tersebut pada warga untuk dimiliki.

“Padahal sesuai aturan, aset negara bisa dilepas jika ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau di tandatangani pejabat berwenang,” jelas Surunuddin. Selanjutnya, ada lagi laporan sertifikat ganda yang dimiliki pihak warga, Koramil Ranomeeto dan Pemkab Konsel. Padahal seluruh tanah yang diklaim warga termasuk lokasi kantor Koramil adalah milik pemerintah daerah.

“Pemanfaatannya boleh digunakan institusi lain jika untuk kepentingan negara, melalui proses sesuai peraturan yang berlaku,” imbuhnya. Mantan Ketua DPRD Konsel ini memberikan apresiasi pada pihak Koramil Ranomeeto karena telah menjaga lahan tersebut. Namun ia menegaskan, bahwa lahan itu tak bisa diganggu gugat siapapun karena merupakan aset negara.

“Tapi jika ada warga atau pihak lain yang tetap mengklaim lahan ini, kita persilahkan menggugat secara hukum melalui jalur peradilan. Saya sampaikan bahwa Pemkab Konsel memiliki sertifikat sah yang menjadi alat bukti kuat atas kepemilikan tanah tersebut,” tegasnya. Lebih jauh Surunuddin mengatakan, persoalan lahan itu akan segera dituntaskan, karena akan dimanfaatkan untuk pembangunan Puskesmas Rawat Inap yang lengkap agar lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top