Pariwara
Buton Utara

Rp 750 Juta untuk Insentif Guru PAUD di Butur

KENDARIPOS.CO.ID — Gaji yang diterima guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Buton Utara hanya sebesar Rp 150 ribu tiap bulan. Jumlah itu sangat jauh dari layak untuk memenuhi kebutuhan. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggung jawab terhadap kualitas pendidikan tersebut, mengeluarkan kebijakan untuk memerhatikan nasib tenaga pendidikan prasekolah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Buton Utara, Agus Pria Budiana, mengaku, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 750 juta untuk insentif guru PAUD dan TK. “Dengan adanya anggaran tersebut guru prasekolah bisa mendapat honor dan intensif sebesar Rp 250 ribu perbulannya,” ujar Agus Pria Budiana, kamis (28/6). Mantan Camat Bonegunu itu menambahkan, pemerintah tengah menggalakkan peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan. “Pendidikan diawali jejang prasekolah PAUD sebagaimana dilandasi peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2018,” ungkapnya.

Setiap daerah wajib dan proaktif mewujudkan pendidikan berkualitas. Generasi penerus bangsa mengenyam pendidikan dengan baik dan tenaga pendidik mendapat gaji layak. “Salah satunya melalui alokasi pendapatan dan belanja daerah, dianggarkan untuk insentif tenaga pendidik prasekolah. Ditambah pula, bisa menggunakan dana desa untuk memberikan insentif bagi guru TK di wilayah tersebut,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top