Pariwara
Konawe Utara

Pilkades Konut Diagendakan Agustus

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Konawe Utara (Konut) yang sebelumnya sempat tertunda, diagendakan berlangsung awal Agustus 2018 nanti. “Untuk Pilkades di Konut direncanakan Agustus atau paling lambat September. Kami juga masih menunggu kesiapan pengamanan dari Polres. Karena aparat keamanan masih fokus pengamanan sampai akhir Juli pasca Pilkada,” ujar Kabid Pemdes BPMD Konut, Nuradnan Adnan Ariputra, kamis (28/6).

Ia memastikan, Pilkades serentak akan dilangsungkan pada tahun ini tanpa harus menunggu 2019 mendatang. Pasalnya, bila tak digelar 2018, maka tahun depan tak ada lagi Pilkades. Terkecuali nanti tahun 2022. “Yang akan ikut Pilkades sebanyak 26 desa dan tersebar pada seluruh kecamatan yang ada di Konut. Tetapi kemungkinan ada satu desa lagi yang akan diikutkan. Yakni Wawolesea karena Kadesnya meninggal dunia. Makanya akan dikaji ulang, apakah akan diikutkan Pilkades tahun ini atau tinggal menunjuk pelaksana tugas untuk melanjutkan masa jabatan, “ujar alumni IPDN itu.

Sementara dana yang disiapkan untuk pesta demokrasi di desa, BPMD Konut telah menyiapkan Rp 600 juta, termasuk operasional tahapan dan pengamanan Pilkades. Untuk diketahui dalam dua tahun terakhir, Konawe Utara telah kali kedua menggelar Pilkades serentak. Gelombang pertama pada medio 2016 dan kedua diawal tahun 2017 dengan jumlah 42 desa dari total 159 desa. Pilkades gelombang ketiga tahun ini.

“Bagi ASN yang akan berkompetisi dalam Pilkades diberi ruang, dengan catatan harus mendapat izin dari Sekretaris Kabupaten sebagai penanggung jawab,” tandas Nuradnan Adnan Ariputra. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top