Pariwara
Politik

Di Muna, Panwas Temukan Warga Mencoblos Gunakan Form C6 Orang Lain

Aksar

KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah diwanti-wanti, ternyata masih saja ada oknum yang mencoba berbuat curang pada pelaksanaan pungut hitung. Dari hasil pemantauan, Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Muna mendapati warga yang mencoblos menggunakan formulir c6 milik orang lain. Pelanggaran ini terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) 01 Desa Liwumetingki Kecamatan Pasir Putih.

“Untuk memantau pemungutan suara, Panwas memperketat pengawasan. Hal dilakukan agar pelaskanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra benar-benar fair. Namun masih saja ada yang berbuat curang. Pada hari pencoblosan, Panwas menemukan seseorang yang menggunakan c6 orang lain untuk memilih,” kata Aksar, Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan, Panwaslu Muna.

Saat ini kata dia, kasusnya tengah ditindaklanjuti. Soal sanksi, Panwas belum dapat menentukan. Pasalnya, kasusnya masih harus dikaji terlebih dahulu. “Ya, sudah kami tangani. Pastinya akan ada sanksi tegas terhadap pelaku,” sambungnya. Sejauh ini, baru satu laporan yang masuk. Namun Panwas Muna sendiri tidak menutup kemungkinan masih akan ada pelanggaran lain yang ditemukan. Sampai saat ini Panwas masih menunggu hasil temuan anggota Panwas kecamatan yang lain. “Bisa jadi satu atau dua hari ini ada masuk lagi laporan. Kami masih menunggu,” paparnya.

Temuan pelanggaran selama tahapan Pilgub Sultra di wilayah Muna, berjumlah lima kasus. Tiga diantaranya kasus ASN tidak netral, satu kasus kepala desa tidak netral dan satu pelanggaran di hari pemilihan. “Total lima pelanggaran, empat sudah selesai di proses dan satu masih dalam pendalaman,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top