Pariwara
Konawe Selatan

C6 dan KTP Dibawa Banjir, 156 Pemilih Nyaris Kehilangan Hak Suara di Konsel

PANTAU PILGUB : Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi (kiri), Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto (kedua dari kiri), Danrem 143/Haluoleo, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman SIP (tiga dari kiri), Kabinda Sultra, Brigjen TNI Andi Sumangerukka (kanan) dan Wakil Bupati Konawe Selatan, Arsalim (dua dari kanan) saat melakukan pemantauan di sejumlah TPS yang terkena banjir, Rabu (27/6).

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi cuaca yang melanda beberapa titik di Kabupaten Konsel membuat sejumlah wajib pilih di kabupaten itu nyaris kehilangan hak suaranya. Pasalnya, form C6 dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang menjadi syarat untuk bisa menyalurkan hak pilih hilang dibawa arus banjir. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel, Aliudin mengungkapkan dari 493 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Konsel, ada beberapa TPS yang tergenang banjir. Salah satunya di TPS Desa Lamokula Kecamatan Moramo Utara. Dari 331 warga yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebanyak 128 warga kehilangan kartu identitas dan form C6-nya.

Sebagai antisipasi warga tidak kehilangan hak suara, pihaknya langsung meminta petunjuk KPU Sultra dan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra. Intinya, agar dibuatkan kembali form C6. Setelah dikoordinasikan, form C6 akhirnya bisa dicetak ulang. “Saat banjir, C6 dan KTP mereka tidak ditemukan, sehingga alternatif yang dilakukan adalah kita meminta petunjuk KPU Provinsi dan berkordinasi dengan Bawaslu untuk kita kembali buatkan c6. Saat hari H, mereka dapat menyalurkan hak pilihnya. Ini juga adalah bentuk sigap yang dilakukan KPU Kabupaten. Agar mereka yang tertimpa banjir ini dapat menyalurkan suaranya,” ungkapnya, Kamis (28/6).

Selain Desa Lamokula kata mantan Ketua PPK Kecamatan Lainea ini, banjir juga terjadi pada hari pemungutan suara di Desa Wawondengi Kecamatan Moramo. Saat itu, akses jalan akibat banjir menuju TPS 1 terputus. Padahal sebanyak 28 pemilih harus menyeberang untuk bisa menyalurkan suaranya. “Awalnya kami berupaya menyiapkan perahu, namun berhubung tidak ada yang layak. Makanya, PPK Moramo berinsiatif menyeberang menggunakan mobil truk. Alhamdulillah, mereka pun bisa menyalurkan hak pilihnya.

Tingkat partisipasi masyarakat ditaksir mencapai 60 persen. Namun berapa pastinya, kami masih menungg laporan dari PPK,” ujarnya. Dalam menyukseskan Pilgub Sultra katanya, KPU berusaha bekerja maksimal. Koordinasi dan sinergitas antar penyelanggara yang ada ditingkat PPK maupun PPS terus ditingkatkan. Kendati banyak tantangan, semua bisa terlaksana dengan baik. “Tidak ada yang terlalu signifikan, semua masih dapat kita atasi,” tutup komisioner yang belum lama ini dilantik. (b/Kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top