Pariwara
Muna

1.276 Usaha Baru Dibuka di Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan jumlah usaha di Muna terbilang baik. Pada semester pertama tahun 2018 saja jumlah usaha baru yang melakukan pengurusan izin mencapai 1.276. Usaha itu bergerak pada berbagai sektor diantaranya usaha kesehatan, perdagangan barang dan infrastruktur. Meski begitu, jumlah usaha tersebut minim nilai investasi. Rata-rata pelaku usaha baru hanya menanamkan modal Rp 50 juta. Jika di akumulasikan, 1.276 usaha baru hanya total bernilai Rp 12 miliar. Jumlah itu masih dianggap minim untuk menggerakkan sektor perekonomian masyarakat.

“Padahal kita butuh investasi yang nilainya miliaran rupiah. Supaya dampak ekonominya langsung dirasakan masyarakat,” kata Guntur Dano, Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Muna, kamis (28/6). Ia sebenarnya punya target besar dalam mengejar modal masuk di Muna. Hal itu setelah melihat besarnya potensi diberbagai sektor yang bisa mendatangkan investor. Setidaknya menurut Guntur, sektor perkebunan, pariwisata maupun jasa sebenarnya bisa menarik masuk investasi. “Hanya saja itu tidak dikelola dengan baik. Kami berencana melakukan pendataan potensi secara menyeluruh di semua sektor, tapi belum terlaksana,” sambungnya.

Ada sejumlah kendala yang menghambat upaya menarik investasi. Salah satunya belum adanya data terpadu tentang potensi Kabupaten Muna yang bisa dieksplorasi dunia usaha. Niat menyediakan data itu, diakui Guntur belum didukung penuh oleh ketersediaan anggaran. “Rencananya saya mau buat semacam buku saku yang memuat semua potensi investasi di Muna. Baik wisata, perkebunan, perikanan maupun perdagangan. Jadi hanya perlu disurvei dan didokumenkan. Nanti itu yang dijual ke investor. Hanya rencana ini belum disediakan anggarannya,” jelasnya.

Guntur berharap, Pemkab Muna dapat lebih serius menggarap potensi investasi. Hal itu dinilainya menjadi pintu menarik modal masuk di daerah yang dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. “Dengan cara survei tadi. Kami hanya butuh dana lalu akan menggandeng lembaga swasta yang kerjakan surveinya. Pemkab hanya tunggu hasil. Ini bisa dilakukan untuk memudahkan investor mengetahui potensi investasi di Muna,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top