Pariwara
Muna

Tak Ada Dana, Rumah Adat di Muna Mandek

LAODE ALFIN/KENDARI POS
RUMAH ADAT : Masyarakat sudah mulai memanfaatkan kompleks rumah adat sebagai tempat berswafoto. Sayangnya, proyek ini belum dapat dilanjutkan karena minimnya dana.

KENDARIPOS.CO.ID — Kompleks rumah adat kini sudah berdiri megah di Raha, Ibu Kota Kabupaten Muna. Tiga bangunan dengan arsitektur tradisional itu sudah dimafaatkan publik sebagai area rekreasi ataupun ikon baru berswafoto. Bangunan yang dikerjakan 2017 lalu dengan dana Rp 5 miliar tersebut sebenarnya belum sepenuhnya rampung. Sesuai perencanaan, kompleks rumah adat terdiri dari enam bangunan dengan pelataran dan taman edukatif. Itu berarti masih ada tiga bangunan yang belum dikerjakan dan membutuhkan anggaran sebesar Rp 5 miliar lagi. Kendala dana, membuat proyek itu belum dapat dilanjutkan.

“Belum dianggarkan di (APBD) 2018,” kata La Mahi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Muna, rabu (27/6). Ia menjelaskan, proyek rumah adat belum termuat dalam rencana kerja pemerintah (RKP) 2018 akibat keterlambatan pelaporan pertanggungjawaban proyek tersebut. Sehingga proses penganggarannya belum dapat dilakukan. “Terlambat. Yang buat itu, PPK dari instansi terkait (Dinas PU). Konsekuensinya belum bisa dapat penambahan anggaran,” tegas La Mahi.

Ia juga belum dapat memastikan apakah proyek rumah adat akan mendapat suntikan dana segar dalam APBD Perubahan. Sampai saat ini, ia masih menunggu RKP perubahan dari instasi terkait sampai pekan terakhir Juni. “Tapi kembali lagi ke bupati, mau dianggarkan lagi atau belum,” paparnya. Meski begitu, Pemkab Muna tetap berkomitmen menuntaskan proyek tersebut. Apalagi, pembangunan rumah adat merupakan program strategis pemerintahan Bupati Muna, LM Rusman Emba. “Sebelum periodenya berakhir, sudah akan diselesaikan,” pungkasnya. (c/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top