Pariwara
Wakatobi

DD Tahap II Mulai Diproses di Wakatobi

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah menyelesaikan proses pencairan dana desa (DD) tahap I, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3APMD) Kabupaten Wakatobi segera meminta seluruh desa di delapan kecamatan agar mempercepat menyelesaikan syarat agar anggaran tahap II segera disalurkan lagi. Sebab sebelum memasuki Idul Fitri lalu, anggaran DD telah masuk ke kas daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nur Bahtiar, mengungkapkan, baru ada satu desa yang direkomendasi P3APMD ke pihaknya. Sehingga tak lama lagi siap diproses. Namun, pihaknya menyebut untuk pencairan tahap II tidak ada batasan waktu. “Yang penting persyaratannya sudah dipenuhi dan ada rekomendasi instansi teknis, maka proses pencairan akan dilakukan. Untuk pencairan tahap I baru selesai dua minggu lalu,” ungkapnya, rabu (27/6).

Kendati demikian, agar pencairan tahap II dapat diproses, dana yang masuk di kas daerah untuk 75 desa tersebut, harus dihabiskan. “Jadi kalau sudah selesai proses pencairan ke semua desa untuk tahap II, barulah kita ajukan ke pusat untuk tahap III,” tambahnya. Ada Rp 22 miliar anggaran telah masuk di kas daerah sejak beberapa minggu lalu untuk disalurkan ke semua desa.

Agar tak terlalu lama tersimpan di kas daerah, Kepala BP3APMD Wakatobi, La Ode Husnan telah mengimbau seluruh desa untuk segera menuntaskan laporan pertanggungjawaban DD sebelumnya sehingga pencairan tahap II dapat diproses. “Kan pencairan tahap I baru selesai dua minggu lalu. Sekarang kita sudah sampaikan lagi ke desa-desa agar segera diselesikan semua persyaratannya. Ada empat desa yang siap kita rekomendasi menerima dana,” paparnya.

Ia menilai keterlambatan proses pencairan sebelumnya disebabkan masih banyak desa di Wakatobi belum mandiri dalam menuntaskan laporan pertanggujawaban anggaran tersebut. Sehingga hampir setiap tahun pencairan DD kerap mengalami keterlambatan. “Tapi sebagian besar desa sudah mandiri. Kita akan berupaya memutus mata rantai desa-desa yang masih meminta bantuan pihak lain untuk menyelesaikan laporan pertanggungjawaban tersebut. Agar seluruh desa di Wakatobi bisa mandiri,” jelasnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top