Pariwara
Bombana

E-Traking Mudahkan Pelayanan Masyarakat, Tafdil Fokus Tingkatkan Kesejahteraan

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Bombana, H. Tafdil membuat sebuah terobosan cerdas yang bisa mengefektifkan pelayanan masyarakat. Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) membuat sistem E-Traking. Sistem ini memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan perizinan.

Informasi tentang E-Traking disampaikan H. Tafdil saat menerima kunjungan silaturahmi Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin bersama jajaran di Kantor Bupati, Selasa (26/6). Bupati Bombana dua periode ini menjelaskan, aplikasi E-Traking merupakan yang pertama di Sultra.

“Sistem E-Traking baru Bombana yang terapkan. Aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat saat mengurus dokumen perizinan. Masyarakat tidak perlu bolak balik di kantor perizinan. Cukup pantau lewat sistem, sudah sejauh mana prosesnya. Dengan cara ini, mereka lebih hemat waktu dan pastinya efektif,” ungkap Tafdil.

Ketua DPD PAN Bombana ini menambahkan, sistem E-Traking dapat meminimalisir potensi terjadinya kasus suap atau gratifikasi. Karena yang mengurus izin tersebut ke OPD terkait (seperti Dinas Perhubungan,red) bukan lagi pemohon tetapi pihak DPM-PTSP. “Jadi, dengan aplikasi ini, potensi pelanggaran hukum bisa diminimalisir. Sebab, pelayanannya satu pintu. Malah, investor yang mau mengurus izin tidak lagi bertemu bupati atau pejabat lain. Mereka hanya mengurus di Dinas Perizinan dan menunggu izinnya keluar,” jelasnya.

Tak hanya urusan pelayanan, pasangan Johan Salim ini juga fokus pada program peningkatan kesejahteraan masyarakat. Menunjang itu, sudah luncurkan program Baruga Moico. Dalam program tersebut, terdapat 5.000 unit rumah untuk masyarakat miskin. Teknisnya, setiap tahun akan dibangun 1.000 unit rumah hingga akhir masa jabatan, dimana setiap rumah memiliki anggaran Rp 30 juta.

“Ini periode kedua. Saya sudah pikirkan, bagaimana program yang kita buat bisa bermanfaat untuk masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan mereka. Makanya, saya buatkan program Baruga Moico ini,” terangnya.

Dia mengaku, tidak terlalu mempedulikan kondisi kantor bupati yang sudah rusak. Sebab, anggaran semua difokuskan untuk pengembangan kesejahteraan masyarakat. “Saya tidak mau anggarkan untuk perbaikan. Sebab, masih banyak masyarakat yang membutuhkan perhatian,” katanya.

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi kepemimpinan Bupati Bombana, baik di periode pertama maupun awal periode kedua. Menurutnya, pasangan Johan Salim ini selalu konsisten dengan program yang sangat mendukung kesejahteraan masyarakat.

“Di periode pertama kita tahu ada program Bupati yang namanya GEMBIRA. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Bombana. Dan di periode kedua program GEMBIRA kembali menjadi program unggulan Pemkab Bombana bahkan ditambah lagi program lain untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. Sebagai tambahan, turut hadir dalam pertemuan itu, Wakil Direktur Kendari Pos Agus Tranhadi, Pemimpin Redaksi Arifuddin Mangka, dan Manajer Iklan Awal Nurjadin. (b/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top