Pariwara
Konawe Utara

Akses Trans Sulawesi di Konut Lumpuh

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
TERPUTUS : Akses Trans Sulawesi dari Konawe Utara menuju Sulawesi Tengah tak dapat dilintasi karena genangan air yang cukup tinggi. Para pengendara terpaksa mengurungkan niat untuk sampai ke tujuan.

KENDARIPOS.CO.ID — Akses jalan poros Trans Sulawesi di Desa Polora Indah, Kecamatan Langgikima, Konawe Utara (Konut) terputus akibat diguyur hujan. Akibatnya, arus transportasi dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah menuju Kota Kendari yang melintasi Kecamatan Langgikima dan Wiwirano di Konut, terhenti. Luapan air yang menggenangi badan jalan setinggi satu meter membuat akses di jalan poros Trans Sulawesi itu lumpuh total. “Air sudah menggenangi badan jalan. Sehingga aktivitas transportasi sempat terhenti beberapa jam. Sejak sore hingga pagi. Tapi sekarang airnya sudah mulai surut,” ujar Kabid Kedaruratan BPBD Konut, Djasmiddin, Selasa (26/6).

Dia menambahkan kondisi cuaca yang ekstrem membuat air meluap hingga menutupi badan jalan. Apalagi hujan turun dalam sepekan secara terus menerus. Makanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut telah menetapkan wilayah itu siaga satu bencana banjir. “Untuk di Desa Tapuwatu, Kecamatan Asera yang berdampingan dengan Sungai Lasolo, airnya naik sampai satu meter. Sudah ada beberapa rumah warga yang terendam air akibat luapan sungai Lasolo,” ujar Djasmidin.

Selain di Tapuwatu, ada beberapa desa seperti Puwanggudu, Alawanggudu di Kecamatan Asera yang dilintasi Sungai Lasolo. Sedangkan di Kecamatan Andowia, airnya juga mulai naik. “Kalau hujan turun terus menerus banjir di Kecamatan Andowia, bakalan sampai di pemukiman warga. Karena Sungai Lasolo hanya berjarak beberapa meter dengan pemukiman warga. Makanya kita sudah tetapkan Konut siaga satu,” ulangnya, menegaskan.

Warga Kecamatan Lasolo, Ashari, yang hendak menuju Langgikima terpaksa tak bisa melanjutkan perjalanannya. Sebab jalur transportasi menuju Langgikima telah digenangi banjir. “Sejak siang, banjir sampai di badan jalan. Agenda di Kecamatan Langgikima terpaksa ditunda gara-gara banjir,”ungkap Ashari. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top