Pariwara
Muna

Pilgub Sultra, Potensi Pemilih Tambahan di Muna Capai 2.902 Orang

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna menetapkan 139.675 orang akan menyalurkan hak pilihnya pada 321 TPS di Muna pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Rabu 27 Juni besok. Hanya saja, jumlah itu berpotensi bertambah.

Muna memiliki potensi pemilih tambahan sebanyak 2.902 orang. Pemilih tersebut merupakan warga yang belum tarakomodir dalam daftar pemilih tetap berdasarkan pleno KPU Muna sebelumnya. Dengan demikian, pemilih Muna kemungkinan bertambah hingga 142.577 orang. “Iya, potensi pemilih tambahan kami bisa 2.902 orang. Jadi, besok bisa jadi jumlah pemilih meningkat dibanding DPT yang ada,” kata Halisi, Sekretaris KPUD Muna, Selasa (26/6/2018).

Untuk ketersediaan surat suara sendiri dengan jumlah pemilih tambahan mencapai ribuan, Halisi mengaku tidak khawatir. Sebab sesuai ketentuan, surat suara cadangan mencapai 3.492 lembar, diluar persediaan sesuai DPT. “Jadi kalaupun semua memilih, tidak akan terjadi kekurangan surat suara,” sambungnya.

Ia melanjutkan, banyaknya potensi pemilih tambahan tersebut dikarenakan jumlah masyarakat wajib pilih di Muna yang belum terdaftar dalam sistem informasi administrasi kependudukan. Penyebabnya masyarakat belum memiliki KTP elektronik ataupun belum pernah melakukan perekaman kependudukkan. Pemilih tambahan itu paling banyak tersebar di Kec. Lohia, Watopute, Duruka, Lasalepa dan Parigi.

“Sesuai dengan data dari Capil (Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil) sejumlah 2.902 orang belum terdaftar SIAK. Mereka bisa saja masuk dipemilih tambahan, KPPS sudah akan mengantisipasi itu,” paparnya.

Kendati begitu, Halisi menyebutkan jika masyarakat diluar DPT tetap dapat menyalurkan hak suaranya dengan catatan membawa serta ktp el atau surat keterangan (suket) domisili. “Khusus pemilih tambahan ini diberi kesempatan mencoblos mulai pukul 12.00 sampai 13.00 waktu setempat,” pungkasnya. (Ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top