Pariwara
Muna

KPUD Muna Siap Gelar Pencoblosan, Bupati Imbau Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Sekretaris KPUD Muna, Drs Halisi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra akan dilaksanakan pada Rabu, 27 Juni. Sebanyak 1.628.320 pemilih akan menyalurkan hak suaranya di 4.909 tempat pemungutan suara yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota.

Khusus di Muna, Komisi Pemilihan Umum Daerah menyediakan 321 TPS bagi 139.675 pemilih untuk menyalurkan suaranya. Jumlah itu tersebar di 22 Kecamatan dan 150 desa dan kelurahan. Rasio TPS dirata-ratakan satu berbanding 450 pemilih. “Kami berharap partisipasi pemilih dapat meningkat,” kata Sekretaris KPUD Muna, Drs Halisi.

Angka partisipasi pemilih di Muna sendiri berkisar 100 ribu orang atau sekira 80 persen. Sejumlah kalangan menilai jumlah tersebut dimungkinkan menurun. Hal itu buntut dari Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara, pasal 7 ayat 2 yang menyatakan setiap pemilih selain memiliki C6 (surat pemberitahuan memilih) diwajibkan pula menyertakan E-KTP ataupun Suket pada saat akan melakukan pencoblosan di TPS.

“Untuk kesiapan logistik sendiri, Muna sekurang membutuhkan 387 kotak suara dan 139.675 surat suara. Plus tambahan 2,5 persen sebagai cadangan atau 3.567 surat suara,” jelasnya.

Saat ini, logistik pemilihan sudah berada di Raha. Proses distribusi ke setiap tps akan dimulai pada tanggal 25 Juni atau dua hari jelang pencoblosan. Meski sebagian surat suara dalam kondisi rusak, tetapi secara umum KPUD Muna siap melaksanakan pemungutan suara. “Kami sudah minta tambahan, secepatnya akan dikirim. Sejauh ini tidak ada kendala berarti,” paparnya.

Selain kesiapan logistik, penyelenggara pemilihan umum juga dinyatakan siap melaksanakan hajatan demokrasi itu. Total 66 panitia pemilihan kecamatan, 450 panitia pemungutan suara dan 2.247 kelompok penyelenggara pemungutan suara akan bertugas menyukseskan Pilgub Sultra di Muna. “Kami berharap tidak ada kendala sampai pencoblosan berakhir,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Muna LM Rusman Emba mengimbau seluruh masyarakat Muna turut berpartisipasi menyukseskan Pilgub baik dari segi partisipasi pemilih maupun dengan menjaga ketertiban dan keamanan. Secara khusus, dirinya meminta masyarakat menyalurkan hak suaranya dengan memilih pemimpin sesuai hati nurani. “Ini momentum masyarakat menentukan nasib Sultra lima tahun kedepan. Saya harap semua ikut terlibat terutama menjaga Pilgub berlangsung damai,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top