Pariwara
Muna Barat

Hari Ini, Surat Suara di Mubar Disalurkan ke TPS

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna Barat (Mubar) mulai mendistribusikan surat suara dan kelengkapan logistik pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra ke 119 tempat pemungutan suara (TPS) hari ini.

Komisioner KPU Kota Kendari, Awaluddin Usa mengatakan proses penyortiran dan pengepakan surat suara serta kebutuhan logistik di TPS telah rampung. “Surat suara akan didistribusi dari KPU ke tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK). Jadi nanti tanggal 26 Juni, PPK akan disalurkan ke masing masing TPS,” jelasnya.

Jumlah kertas suara yang didistribusi kata dia, sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) per TPS kemudian ditambah 2,5 persen. Makanya, proses perhitungan kebutuhan surat suara berbasis tiap TPS dengan melibatkan PPK dan panitia pemungutan suara (PPS).

“DPT kita sebanyak 52,969 namun surat suara yang didistribusi ke Mubar itu sebanyak 54,347 yakni jumlah DPT ditambah 2,5 persen surat suara cadangan. Surat suara cadangan ini digunakan untuk pengganti surat suara yang rusak serta kalau ada surat suara yang salah dijoblos. Tapi itu hanya satu kali. Insya allah, cuaca mendukung agar kita bisa distribusi sampai ke pulau pulau sampau tanggal 26 Juni ini ,” ujarnya.

Saat ini, PPS bersama KPPS telah mendistribusikan formulir C6 atau surat pemberitahun memilih kepada warga yang terdaftar di DPT. Sesuai jadwal, tanggal 24 Juni sudah rampung (kemarin).

“KPU sangat konsen menyiapkan segala sesuatunya. Kami ingin proses pemungutan suara di hari H tidak ada masalah,” katanya. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top