Pariwara
Konawe Kepulauan

Warga Roko-roko Raya di Konkep Tolak Perusahaan Tambang

H. Amrullah

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) dituntut lebih memerhatikan nasib warganya. Pasalnya, akhir-akhir ini oknum pengusaha tambang sudah mulai terang-terangan melakukan sosialisasi untuk mengeruk potensi sumber daya alam (SDA) di Pulau Wawonii. Sosialisasi perusahaan tambang tersebut rupanya tidak sejalan dengan keinginan warga di Desa Roko-Roko Raya, Kecamatan Wawonii Tenggara. Mereka memilih menolak hadirnya tambang yang akan beroperasi di wilayah tersebut.

Warga yang tergabung di lima desa tersebut, meminta pada Bupati Konkep, H. Amrullah untuk bersama warga menolak hadirnya tambang di Pulau Wawonii. “Bupati harus berani membuat surat peryataan sebagai dukungan menolak tambang. Karena daerah kita sangat tidak layak untuk ditambang,” teriak salah seorang warga Desa Roko-Roko Raya dalam pertemuan, pekan lalu.

Di tempat yang sama, Bupati Konkep, H. Amrullah, menegaskan, jika mayoritas masyarakat Wawonii menolak hadirnya tambang di otoritanya, maka ia siap berada di barisan itu. “Saya tidak akan abaikan kepentingan rakyat. Karena saya sadar, menjadi bupati karena rakyat Wawonii,” kata Konkep-1 itu di hadapan warga Desa Roko-Roko Raya. Amrullah juga mengaku menolak tegas masuknya tambang di wilayah pemerintahannya. “Tapi kalau atas nama Pemkab Konkep saya berada di tengah-tengah. Karena satu sisi, saya harus menyukseskan program pemerintah pusat termasuk pertambangan. Disisi lain saya harus memikirkan rakyat,” jelasnya. (c/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top