Pariwara
Kolaka Utara

Tim Pemprov Sultra Evaluasi Desa Ngapa di Kolut

LOMBA DESA : Wabup Kolut, H. Abbas saat mendampingi tim dari Pemprov Sultra untuk menilai kesiapan Ngapa dalam lomba desa, minggu (24/6). Foto: Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Desa Ngapa menjadi duta Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dalam ajang lomba desa tingkat provinsi tahun 2018 ini. Tim evaluasi yang dipimpin Asniyati dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) selaku Ketua bersama rombongannya, telah bertandang ke Bumi Patampanua disambut Wakil Bupati, H. Abbas, Sabtu (23/6).

Menurut Asniyanti, Kolut merupakan satu diantara enam kabupaten lainnya yang terjaring dalam peringkat tujuh besar selain Kolaka Timur, Bombana, Buton, Buton Tengah, Wakatobi dan Muna Barat sebagai tujuan penilaian lomba desa tahun ini. Kunjungannya tentu dalam rangka penilaian langsung dan masih akan dilakukan evaluasi untuk menentukan desa terbaik mewakili Sultra.

“Tiga standar utama yang menjadi penilaian antara lain menyangkut pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan,” bebernya. Abbas yang mewakili Bupati, H. Nur Rahman Umar, menyambut baik kegiatan tersebut karena dianggap mendorong masing-masing wilayah agar lebih berkembang. Secara khusus, ia berharap semua desa mampu berkarya pada seluruh aspek demi kesejahteraan bersama. “Semua komponen harus sinergi dalam mewujudkan pembangunan bersama dan berkelanjutan. Sebab, ketika desa makmur maka juga berimbas ke kabupaten serta provinsi,” ujarnya.

Menurut Kolut-2 itu, penunjukan Desa Ngapa sebagai andalan daerah, tentu bukan tanpa asalan. Selain wilayah administrasinya dipandang strategis, juga tertib dalam mewujudkan pengelolaan pemerintahan, wilayah dan masyarakat. Semua unsur dari tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) se-kecamatan Ngapa serta tokoh masyarakat dilibatkan.

Abbas optimis dalam lomba ini Desa Ngapa bisa lolos seleksi karena dianggap paling memenuhi kriteria sebagai wilayah terbaik dalam mengelola tiga bidang bersangkutan. Meski demikian, bukan berarti desa lain tak bisa berbuat serupa. “Sebab semuanya tergantung kemauan dan kekompakan seluruh satuan pelaksana pemerintahan dan masyarakat di dalamnya,” tandas Abbas. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top