Pariwara
Konawe Selatan

Dukung Kemajuan Daerah, Bupati Konsel Siap Terapkan e-Government

PANTAU PELAYANAN: Bupati Konsel, Surunuddin Dangga sering turun lapangan memantau langsung kondisi pelayanan di sejumlah OPD. Supaya lebih efektif, dalam waktu dekat dia ingin menerapkan e-government sebagai langkah awal untuk mendukung kemajuan daerah di bidang pelayanan publik. Foto: Kamal/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga siap menerapkan pemerintahan berbais teknologi (e-Goverment). Sistem yang juga dikenal menggunakan informasi berbasis eletronik ini dianggap mampu meningkatkan kemajuan daerah, khususnya pelayanan. Untuk memaksimalkan itu, pasangan Arsalim ini akan menambah organisasi perangkat daerah (OPD) baru.

Namanya Dinas Informasi dan Komumikasi (Infokom). Surunuddin menyadari, selama ini Pemkab Konsel belum memiliki dinas yang menangani khusus perkembangan teknologi. Sehingga dalam waktu dekat ini, pihaknya akan segera mendirikan lembaga layanan publik tambahan, diantaranya Dinas Infokom, Perpustakaan dan Arsip. “Jadi saat ini, Konsel sedang menuju sistem pelaporan secara eletronik. Guna memaksimalkan pelayanan masyarakat di Kabupaten Konsel,” ungkapnya.

Konsel-1 ini menambahkan, rencana pendirian dinas baru tersebut sebetulnya sudah hampir rampung. Saat ini sedang proses pembahasan di DPRD. “Tinggal diputuskan melalui rapat paripurna di DPRD. Jadi nantinya sudah harus ada layanan yang mengurusi masalah jaringan teknologi, tower, website dan alat komunikasi tehnologi lainnya. Yang jelasnya jadi Pusat Data Eletronik (PDE,” sebutnya.

Selain dinas Infokom, pihaknyan juga berencana untuk mengadakan Dinas Perpustakaan dan Arsip. Ia mengungkapkan, selama ini pusat layanan pendidikan dan ruang baca bagi masyarakat Konsel masih sangat minim. “Sehingga dengan itu perlu ada dinas yang menangani, supaya bisa mendorong minat baca masyarakat, baik pendidikan sekolah maupun warga petani. Jadi mereka bisa mendapatkan pengetahuan tambahan lewat dinas tersebut,” terangnya.

Dengan demikian lanjut dia, upaya untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah Konsel segera terpenuhi. “Baik dari segi pendidikan, teknologi maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM) di segala sektor di Kabupaten Konsel,” jelasnya.

Surunuddin berharap upaya itu dapat berjalan dengan maksimal. Tentu tidak terlepas dari dukungan masyarakat Konsel. “Guna mendukung percepatan pembangunan daerah menuju Desa Maju Konsel Hebat,” tandasnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top