Pariwara
Konawe Utara

Beasiswa Pendidikan di Konut Belum Efektif

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) memberikan beasiswa pada seluruh mahasiswa asal daerah yang mengenyam pendidikan di universitas dan sekolah tinggi, dinilai belum efektif. Pasalnya, bantuan pendidikan bagi mahasiswa strata satu (S1) sebesar Rp 1 juta dalam setahun, dianggap tak mengurangi beban biaya pendidikan yang begitu tinggi.

Semestinya kebijakan pemberian bantuan pendidikan dievaluasi kembali. “Belum efektif. Kami dari DPRD mendorong, ke depan Pemkab Konut dan universitas menjalin kerja sama dengan membuka semua jurusan. Nantinya generasi muda Konut yang akan melanjutkan pendidikan tinggal mendaftarkan diri sesuai jurusan yang diinginkan,” pendapat Sekretaris Komisi II DPRD Konut, Safrin, akhir pekan lalu.

Dengan adanya kerja sama tersebut akan menguntungkan semua pihak. Baik Pemkab, universitas maupun mahasiswa. Tentunya kontribusi biaya menjadi tanggungan Pemkab Konut. “Makanya saya tidak sepakat pemberian dana talangan biaya pendidikan Rp 1 juta sampai Rp 2 juta permahasiswa. Yang kami dorong pada Pemkab harus dilakukan kontrak kerja sama dengan universitas. Tentunya universitas yang diajak kontrak harus terakreditasi baik,” pinta Ketua DPC Golkar Konut tersebut.

Ketua Badan Pembentukan Perda (BPP) DPRD itu menjelaskan, pemberian dana Rp 1 juta dengan kondisi tingginya biaya pendidikan sangat tidak membantu. “Sehingga solusi yang kami dorong adalah, Pemkab Konut harus berinvestasi pada universitas. Misalnya investasi Rp 3 miliar sampai Rp 5 miliar pada universitas yang diajak kerja sama. Sehingga mahasiswa yang akan membayar SPP telah ditanggung melalui dana tersebut,” ulangnya menegaskan.

Safrin menambahkan sejak tahun 2017-2018 Pemkab Konut menggelontorkan bantuan pendidikan bagi mahasiswa Konut. Mulai jenjang strata satu (S1) sampai strata tiga (S3). Besaran bantuan bervariasi disesuaikan dengan jenjang pendidikan. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top