Space Iklan
Pariwara
Hukum & Kriminal

Anak Mantan Bupati Konut Dituntut 5,6 Tahun Penjara, Tiga Terdakwa Dituntut Lebih Rendah

Sahrir

KENDARIPOS.CO.ID — Proses persidangan empat terdakwa kasus korupsi pembangunan RSUD Konut tahun 2015 terus berlanjut. Dalam persidangan, para terdakwa dituntut berbeda. Anak mantan Bupati Konut, dr. Sahriman mendapat tuntutan paling tinggi. Mantan Plt. Direktur RSUD Konut tahun 2014 itu dituntut 5,6 tahun penjara dan denda Rp 200 juta.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Konawe, Sahrir, SH. Adapun kontraktor Andi Irawan Labuku selaku peminjam CV.Renkar Raya dalam kasus pembangunan gedung ICU dituntut tiga tahun penjara dan denda Rp 200 juta. Andi Irawan Labuku juga dibebankan uang pengganti senilai Rp 140 juta.

Sedangkan terdakwa Hevied Saranani, selaku perseroan komanditer CV. Dhruva dan Ahmad Gafar selaku pelaksana CV. Maha Lima dalam perkara pembangunan gedung operasi dituntut dua tahun penjara.

Kasi Pidsus Kejari Konawe, Sahrir, SH mengatakan dr. Sahriman bertanggung jawab langsung kepada masing-masing perkara tiga terdakwa kontraktor tersebut. Sebab dr. Sahriman selaku PPK dan KPA yang harusnya punya inisiatif untuk tidak menyetujui pembayaran kepada ketiga kontraktor itu. “Kalau berkasnya kita gabungkan bersama tiga kontraktor itu, maka tuntutannya bisa sampai 7 tahun penjara,” ujar Sahrir, akhir pekan lalu.

Selain itu, tuntutan Sahriman juga lebih tinggi karena yang bersangkutan tidak memiliki iktikad baik mengembalikan kerugian negara dari proyek tersebut. “Pertimbangan lainnya, karena dua terdakwa yang merupakan kontraktor, yakni Hevied Saranani dan Ahmad Gafar sudah mengembalikan kerugian negara masing-masing Rp 50 juta. Sedangkan, dr. Sahriman dan Andi Irawan Labuku tuntutannya tinggi, karena mereka tidak memiliki iktikad baik mengembalikan kerugian negara,” ungkap Sahrir. Untuk diketahui, Hevied Saranani mengembalikan kerugian negara sebesar Rp.54,3 juta dan Ahmad Gafar sebesar Rp 88 juta. (hel/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top